Jelang Pilkada, Kapolres Seluma Kampanyekan Gerakan Anti Hoak dan Radikalisme

0
1143

Seluma, Beritamerdekaonline.com – Kapolres Seluma Polda Bengkulu kampanyekan gerakan anti hoak dan radikalisme menjelang pilkada serentak sembilan Desember 2020 di Kabupaten Seluma, Jum’at (02/10/2020).

Ini dalam rangka road show sosialisasi gerakan anti hoak dan radikalisme di setiap dinas dan instansi serta stakeholder yang ada di wilayah hukum Polres Seluma.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Seluma AKBP Swittanto Prasetyo, S.IK mengimbau keseluruh Polsek dan jajaran dan khususnya Bhabinkamtibmas, para Camat, Kepala KUA, Ketua PC NU, Ketua Dewan Syuro PBNU, Ketua PP Muhammadiyah,
tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, tokoh politik, rekan seluruh media, baik itu cetak, tv, serta online.

“Ini agar kita dapat menahan diri dan jangan sampai kita terprovokasi oleh kabar yang belum tau kebenaran sumbernya,” ajak Kapolres Seluma.

Lebih lanjut, Kapolres Seluma menyampaikan agar sosialisasi dan imbauan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat dan semua stakeholder, sekali lagi untuk tidak mempercayai berita hoax, berita-berita yang belum terverifikasi kebenarannya.

“Saya mengimbau agar masyarakat tidak termakan isu yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa mendekati Pemilukada 2020 ini. Menghargai setiap perbedaan pilihan politik dan bersama-sama mewujudkan pemilu damai di Kabupaten Seluma ini,” imbau AKBP Swittanto Prasetyo, S.IK, di Mapolsek Sukaraja.

Lebih dalam, kata Kapolres, masyarakat harus lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial jangan sampai gara-gara postingan di media sosial hingga bisa terjebak di UU ITE pasal 28 dan pasal 27 ayat (3) UU ITE adalah Konstitusional.

“Pasal 45 UU ITE (1) Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1), (2), (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah),” jelasnya.

“Dan sekali lagi saya sampaikan tolak hoak dan radikalisme jaga Pilkada damai dengan menerapkan protokol kesehatan 3M. Jangan ragu berikan suaramu di pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2020,” tutup Kapolres Seluma AKBP Swittanto Prasetyo, S.IK (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here