Pasar Terapung Tehoru Kembali Di Gugat Warga Terdampak

0
136

MALUKU TENGAH, Beritamerdekaonline.com – Pembangunan Pasar Tehoru yang begitu berdiri kokoh dan megah, namun sudah sekian lama proses pembiarannya tidak ada asas manfaatnya terhadap publik, kini telah di gugat kembali oleh warga terdampak, Selasa (13/10/2020).

Dari pantauan awak media ini, kronologis kejadian ini telah terjadi sekitar tahun 2017 lalu. Menurut informasi yang di lansir, alasan yang mendasar untuk menggusur atau dilakukan pembongkaran rumah warga tersebut dengan berasas, bahwa lahan warga yang terdampak di klaim pemerintah setempat bahwasanya dengan alasan lahan yang sudah di hibahkan dan bahkan sudah ada perjanjian dari dulu dengan pihak pemerintah.

Akan tetapi, alhasil di lahan warga terdampak sendiri sebelum pembongkaran atau proyek pembangunan pasar ada, warga yang terdampak sudah memiliki alas hak atau akta jual beli dari tuan tanah atau dari pihak pertama lahan.

Dengan kejadian tersebut warga terdampak mencari jalan untuk bisa mencari keadilan terhadap pembongkaran rumah dan lahan mereka, dengan kata lain harus ada kompensasi atau ganti rugi akan lahan dan rumah mereka.

“Kami warga terdampak kini sebagian besar masih menumpang di rumah keluarga, dan akhirnya kami juga mengambil langkah untuk mencari payung hukum sebagai kendaraan menuju ke ranah berkeadilan melalui lembaga bantuan hukum dan kami sudah memberikan kuasa sepenuhnya kepada kuasa hukum atau pengacara untuk proses lebih lanjut,” ujar warga terdampak. (AH)

Penulis : AH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here