Tim BPHK Kalteng Turun Ke Desa Naning, Cek Data Lahan Masyarakat Yang masuk Kawasan Hutan Lindung

0
173

KAPUAS, Beritamerdekaonline.com – Tim dari BPHK( Badan  Pemantapan Hutan Kawasan Provinsi Kalimantan Tengah Turun Ke Desa Naning, untuk melakukan pengecekan tentang lahan atau tanah masyarakat yang masuk kawasan hutan lindung di tempat itu pada hari Selasa (13/10/20), di Kantor Desa Naning.

Tim tersebut berjumlah 3 orang di pimpin oleh Asip dan langsung di terima oleh Kepala Desa Naning, ugun beserta perangkat Desanya dengan sangat ramah di ruang kantor Desa Naning, pada pukul 10.00 Wib.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas masalah tentang lahan atau tanah milik masyarakat yang masuk kawasan hutan lindung, sesuai peraturan pemerintah akan dijadikan lahan Produktif sesuai dengan program Food Estate yang dikembangkan di Kalimantan Tengah, yaitu Di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

“Pengecekan lokasi ini sangat penting untuk memastikan sejauh mana kepemilikan lahan atau tanah masyarakat, sehingga nanti jika dilakukan pemutihan tidak bermasalah lahan atau tanah masyarakat itu aman jika dijadikan lahan yang produktif,” jelasnya.

Dia juga berharap, agar pihak Pemerintah Desa Naning mulai dari perangkat Desa hingga Anggota Badan Perwakilan Desa, untuk mendampingi turun ke semua lokasi yaitu pada Hari Kamis (15/10/20) mendatang.

“Di Desa ini agar penghapusan kawasan hutan lindung manjadi lahan produktif dan dapat berjalan lancar sesuai dengan program pemerintah pusat sekarang ini,” ungkapnya.

Sementara itu kepala Desa Naning, Ugun menyambut dengan baik program ini, sebab selama ini masyarakat belum mengetahui dan belum mengerti, Tetang kawasan hutan lindung yang dijadikan lahan produktif.

“Oleh sebab itu dengan adanya program ini, diharapkan  dapat membantu masyarakat dalam membuat payung hukum dalam kepemilikan lahan atau tanah yang mereka garap sudah bertahun- tahun itu, sehingga akhirnya mereka merasa aman jika mengelola tanah itu,” tutup Ugun. (Moh. Sariansyah)

Penulis: Moh. Sariansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here