Indahnya Air terjun Tansaran Bidin, Aceh- Bener Meriah

0
274
Foto : Lokasi Tansaran Bidin Aceh - Bener Meriah. (Man).

REDELONG, Beritamerdekaonline.com – Suara gemuruh air di pegunungan terpencil ini mungkin akan selalu dirindukan oleh mereka yang pernah mengunjunginya.

Suasana alamnya masih begitu asri. Udara sejuk nan segar khas Dataran Tinggi Gayo akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama berada di lokasi air terjun yang satu ini.

Air Terjun Tansaran Bidin. Sudah banyak dikenal orang tapi akses menuju ke lokasi  belum begitu layak, begitu juga parkir perlu ditata dan dikelola dengan baik. Para pelancong di tanah air mungkin luput untuk mencatutkan namanya dalam agenda perjalanan yang harus dikunjungi jelang hari libur tiba, selain itu perlu adanya kerjasama dengan travel serta pesawat  dari Rembele.

Di satu desa terpencil di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, bernama Tansaran Bidin. Di sanalah dapat ditemui air terjun mengalir jernih bak surga tersembunyi ini.

Berada diantara celah pegunungan pada pinggiran desa di Kecamatan Bandar yang berjarak sejauh 35 kilometer dari pusat kota Redelong, Ibu Kota Kabupaten Bener Meriah.

“Di sana itu indah sekali. Suasananya masih sangat alami, sangat layak disebut surga tersembunyi,” kata Indah di redelong, Selasa ( 20/10/20)

Indah merupakan warga Kabupaten Bener Meriah. Dia mengaku pernah mengunjungi objek wisata air terjun Tansaran Bidin pada beberapa tahun silam.

Namun sampai sekarang masih sangat jelas dalam ingatan perempuan ini untuk dapat mengingat dan mengenang kembali tentang keelokan panorama alam penuh pesona yang tersaji di objek wisata tersembunyi itu.

“Kita harus jalan kaki sekitar setengah jam dari perkampungan. Jalannya jalan setapak, diantara ilalang dan pepohonan rindang. Itu suasanya indah sekali, jadi kita gak terasa cape. Apalagi saat sampai di lokasi, itu semua lelah akan hilang seketika melihat air terjun yang cantik,” tutur Indah.

Pemandangan melihat air yang turun dari celah pegunungan setinggi 50 meter itu kata Ayu adalah pengalaman menyejukkan baginya yang akan selalu indah untuk dikenang.

Perempuan yang aktif di organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) pada Universitas Gajah Putih Takengon Kabupaten Aceh Tengah ini mengaku ingin selalu bisa kembali untuk berwisata ke lokasi air terjun tersebut.

“Dari beberapa air terjun yang sudah pernah saya kunjungi masih ini yang paling indah. Memang benar-benar surga tersembunyi,” ujarnya.

Surga Tersembunyi

Sebutan sebagai surga tersembunyi untuk air terjun yang satu ini kini tak lagi hanya sebatas ucapan oleh orang-orang yang takjub akan keindahan panorama alamnya setelah pernah berkunjung langsung ke sana.

Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata RI benar-benar menobatkan air terjun Tansaran Bidin sebagai peraih award Anugerah Pesona Indonesia 2019 untuk katagori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Tak tanggung-tanggung air terjun Tansaran Bidin meraih juara satu untuk katagori tersebut menyisihkan objek wisata tersembunyi Pulau Mursala di Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai juara kedua, dan objek wisata Gulamo di Kabupaten Kampar sebagai juara ketiga.

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Haili Yoga dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta.

Sementara Bupati Bener Meriah Sarkawi di Redelong menyebut penghargaan itu adalah anugerah untuk masyarakat Bener Meriah.

Sarkawi berharap dengan memenangkan penghargaan tersebut pariwisata di daerah itu kedepannya akan dapat lebih dikenal luas.

Menurutnya sektor pariwisata memang menjadi target pembangunan Bener Meriah saat ini dengan terus melakukan upaya pembenahan yang diperlukan.

Untuk ditahap awal kata Sarkawi pemerintah setempat lebih memfokuskan pada upaya pertumbuhan destinasi, sehingga kedepannya akan banyak yang bisa dijual untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah itu.

“Kami berharap dengan Anugerah Pesona Indonesia tahun ini kita bisa mendorong pertumbuhan ini. Tahun  ini adalah tahun untuk pertumbuhan destinasi, pembenahan destinasi, nanti ketika destinasi-destinasi ini telah tumbuh walau daerah kita dilanda pademi covid 19, maka kita berharap akan bisa berpromosi agar dikunjungi oleh masyarakat luar untuk tahun-tahun yang akan datang,” tutur Sarkawi.

Kini objek wisata air terjun Tansaran Bidin harus bersiap untuk menerima lebih banyak kunjungan wisatawan setelah menyandang predikat sebagai surga tersembunyi terpopuler di Indonesia.

Dengan meraih penghargaan di ajang bergengsi tingkat nasional itu otomatis nama Tansaran Bidin tak lagi tersembunyi untuk luput dari agenda kunjungan para traveler tanah air yang terus memburu tempat-tempat wisata indah nan asri di seluruh pelosok negeri tercinta ini.

Jadi bagi anda para pecinta wisata alam sejati, tunggu apalagi. Ayo berkunjung ke air terjun Tansaran Bidin di Kabupaten Bener Meriah. (Man)

Penulis : Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here