Tingkatkan Produktivitas Anak-anak di Tengah Pandemi

0
199

SEMARANG, Beritamerdekaonline.com – Lebih dari tujuh bulan lamanya, jutaan pelajar di Indonesia harus mengikuti Pelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal tersebut terjadi akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum juga usai. Menurut sejumlah ahli, PJJ menimbulkan banyak tekanan lantaran membunuh ruang sosial bagi pelajar, utamanya yang masih duduk di bangku sekolah.

Hal itulah yang membuat Lulu Salsabila Adnani tergerak. Ia yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo terdorong untuk membuat kegiatan yang bukan hanya menghilangkan stress namun juga dapat meningkatkan produktivitas anak-anak.

“Pastilah sebagian anak-anak merasa stres jika harus terus-menerus di rumah saja. Hendak bepergian pun tempat wisata banyak yang masih tutup,” kata Lulu, Minggu (25/10).

Lulu, yang melaksanakan KKN Individu di Dusun Rejosari, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang itu mengadakan Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci dari Flanel dan Pembuatan Bros dari Kain Perca.

Bahan yang digunakan untuk pelatihan ini di antaranya 3 lembar kain flanel warna merah, biru, dan merah muda, pernak-pernik gantungan kunci, gunting, jarum, benang, kain perca, hiasan untuk bros.

“Pelatihan menghabiskan waktu satu setengah jam. Mereka cepat menangkap hanya dengan sekali saya menjelaskan dan mempraktekkan,” kata mahasiswi Pendidikan Agama Islam itu.

Dalam acara tersebut, ia membebaskan anak-anak untuk membuat gantungan kunci dan bros sebanyak yang mereka inginkan.

“Ada yang membuat lima buah, 3 buah, dan juga 2 buah bros dan gantungan kunci,” imbuhnya.

Senyum yang terpancar dari anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut membuat Lulu senang. Rencananya kegiatan itu, akan terus dilakukan untuk mengisi waktu luang anak-anak agar lebih produktif. (Alim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here