Ditlantas PMJ Utamakan Preventif dan Edukatif Terhadap Pengendara di Libur Panjang

0
157
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, saat memberikan keterangan di halaman Promoter PMJ, di Jakarta, Selasa sore (27/10/2020). (Ams)

JAKARTA, Beritamerdekaonline.com – Dalam rangka memasuki libur panjang Ditlantas  Polda Metro Jaya melaksanakan ‘Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang’ di wilayah Hukum Polda Metro Jaya yang  dipimpin oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Kombes Pol Sambodi mengatakan sudah mempersiapkan 16 pos pengamanan di Jalan Arteri dan tempat wisata. “Demikian juga skenario contraflow dan one way. Termasuk kami sudah mempersiapkan  koordinasi dengan pihak rest area juga,” ujar Sambodo disela Apel Kesiapan di halaman Promoter PMJ, Selasa sore (27/10/2020).

Tambahnya, siang tadi juga pihaknya telah melakukan penyekatan truk sumbu 3 (tiga) keatas tidak boleh lagi masuk ke jalan tol. “Semua sudah masuk ke jalan Arteri,” tandasnya.

Operasi Zebra Tahun 2020

Disamping itu, Sambodo juga menambahkan jika ‘Operasi Zebra Tahun 2020’  berbeda dengan Operasi Zebra dengan tahun-tahun sebelumnya. “Yang menjadi fokus Ditlantas adalah pada upaya pre-emtif dan preventif,” kata Sambodo pada awak media, ditengah gerimis hujan.

Menurut Sambodo, Ditlantas lebih mengutamakan edukasi dibandingkan dengan Represif tapi dengan pendidikan.

“Tilang hanya 20 persen atau porsinya lebih kecil sekali,” katanya.

Pihaknya akan terus mengadakan upaya upaya sosialisasi edukasi dan teguran simpati yang memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan tata tertib lalu lintas dan mematuhi protokol covid-19.

“Selain sosialisasi antara lain yang dilakukan adalah pembagian masker. Termasuk kami akan mengadakan kerjasama dengan pihak sekolah karena saat ini kan anak sedang melaksanakan belajar di rumah,” katanya.

“Mudah-mudahan kami bisa dapat slot satu jam saja untuk paling tidak memberikan pengenalan tentang tata tertib lalu lintas kepada anak-anak baik SD,SMP, SMA,” katanya..

Tentunya tingkat pelajaran disesuaikan dengan levelnya level SD tentu berbeda dengan SMP dan SMA pelaksanaannya

Menurut Dirlantas, pihaknya dan pemerintah minggu depan akan melaksanakan Webinar atau nanti bekerjasama dengan pihak sekolah.

“Atau nanti di sela-sela mereka belajar di rumah kami diberikan waktu untuk bisa mengisi tentang Undang-Undang Lalu Lintas,” tutupnya. (Ams)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here