Tak Lengkapi Surat Dan Tak Patuhi Peraturan Lalulintas Serta Prokes, Siap di Tilang

0
236

SELUMA, beritamerdekaonline.com – Giat Operasi Zebra Nala 2020 ini akan kita gelar merata di seluruh wilayah hukum Polres Seluma, Mulai Senin tanggal 26 Oktober 2020 kemarin, sampai dengan 8 November 2020, jajaran Kepolisian Republik Indonesia khususnya di polres Seluma, Polda Bengkulu, beserta jajarannya melaksanakan Operasi Zebra Nala 2020, Kamis (29/10/2020).

Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo melalui Kasat Lantas, Iptu. Lilik Sucipto mengatakan, ada delapan item pelanggaran yang menjadi prioritas dalam Operasi Zebra Nala 2020 ini.

Delapan pelanggaran tersebut, kata Kasat Lantas, meliputi tidak menggunakan helm SNI, menggunakan Handpone (HP) saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan knalpot brong atau tidak standar. Serta kelebihan muatan, pelanggaran kelebihan muatan kendaraan dan melawan arus serta over dimensi.

“Delapan pelanggaran ini menjadi target kita dalam Operasi Zebra Nala 2020 khusunya di wilayah hukum Polres Seluma Polda Bengkulu,” ucap kasat lantas.

Dijelaskan Lilik, sanksi bagi para pelanggar akan mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sesuai Undang-Undang tersebut yang melanggar bisa diancam pidana kurungan atau denda.

“Jadi bagi sobat lantas yang belum lengkap kelengkapan kendaraannya dan belum patuh dalam berlalu lintas, yuk kita siapkan dari sekarang, kita lengkapi surat-surat dan kelengkapan kendaraan dan mulai patuh berlalu lintas dan yang lebih utama patuhi protokol kesehatan Covid-19,” ungkapnya.

Lanjut kasat, bagi pengendara sepeda motor, diharapkan mematuhi peraturan lalu lintas dengan memakai helm standar SNI. Sedangkan bagi pengemudi dan penumpang mobil, diwajibkan untuk memakai Sefty Belt atau sabuk pengaman.
Baik pengendara motor atau mobil perlengkapan utama STNK SIM, harus di lengkapi.

“Dengan Operasi Zebra Nala 2020 ini, diharapkan kesadaran masyarakat Seluma, dalam berlalu lintas semakin meningkat ke depannya, jika kesadaran berlalu lintas ini meningkat, harapan kita angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Seluma menurun,” tuturnya.

Selain melakukan kegiatan operasi, lanjut kasat, Polres Seluma membagikan masker sebanyak 70 pcs, petugas juga mensosialisasikan himbauan tentang protokol kesehatan, melalui stiker dan brosur brosur yang ditempel dan dibagikan pada tempat-tempat kerumunan masyarakat seperti SPBU, Bank dan warung-warung.

“Sehingga di Operasi Zebra Nala 2020 ini, apa yang menjadi prioritas akan kita maksimalkan di setiap giat yang akan kita gelar,” tutup kasat lantas. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here