‌Tingkatkan Kreativitas Dan Cinta Lingkungan Pada Anak, Ubah Sampah Plastik Menjadi Barang Bermanfaat

0
175


SEMARANG, Beritamerdekaonline.com – Di masa pandemi seperti ini, banyak sekali sampah rumah tangga yang dihasilkan, terutama sampah plastik. Sampah plastik sendiri bermacam-macam jenisnya, salah satunya dari tutup botol dan botol air mineral.

Hal ini membuat mahasiswi KKN asal Semarang, Nur Laili Hidayati berinisiatif untuk memanfaatkan tutup botol dan botol air mineral tersebut, menjadi barang yang dapat digunakan atau barang yang memiliki fungsi tertentu.

Menurut Laili, yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di Jalan Tambak Mulyo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang itu, ia mengajak para anak-anak di lingkungan sekitar untuk membuat ketrampilan dari tutup dan botol air mineral bekas menjadi sebuah tempat pensil, dengan tujuan agar anak-anak dapat lebih kreatif dan lebih mencintai lingkungan tempat tinggal mereka dengan mengelola atau mendaur ulang sampah jadi barang berfaedah.

“Anak-anak di sini lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget, maka saya berinisiatif untuk mengembangkan kreativitas mereka serta memberikan edukasi mengenai pentingnya mencintai lingkungan dengan kegiatan ini,” kata mahasiswi KKN ini pada beritamerdekaonline.com, Jumat (30/10/2020).

Sedangkan, lanjut Laili, bahan-bahan yang digunakan dalam pelatihan ini, antara lain, tutup botol, botol air mineral, kertas marmer, doubletip, gunting, dan pita untuk hiasan secukupnya.

Dikatakan Laili, Kegiatan ini dilakukan setelah pelaksanaan bimbingan belajar yang rutin dilaksanakan di Rumah Mahasiswa KKN.

Dia menambahkan, bahwa dalam pelatihan ini, ia membebaskan anak-anak berkreasi sesuai apa yang mereka inginkan.

“Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, mereka merasa senang dan gembira karena dapat berkreasi sesuka hati mereka,” kata Laili.

Dengan membebaskan anak-anak mengkreasikan tutup botol dan botol air mineral menjadi tempat pensil yang mereka suka, akan menjadikan mereka menjadi lebih kreatif dan setidaknya memberikan kegembiraan tersendiri, serta sekaligus menyadarkan mereka bahwa mengisi waktu luang juga dapat dilakukan dengan jalan untuk mencintai dan menjaga kebersihan lingkungan. (Didik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here