Gandeng Kemenpora, GenPI Bengkulu Berpatisipasi Sukseskan Rafflesia Bike Challenge 2020

0
1500
Rafflesia Bike Challenge 2020.

Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bengkulu menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga RI resmi berpartisipasi mensukseskan Rafflesia Bike Challange (RBC) 2020.

Event RBC yang diinisiasi oleh Rakyat Bengkulu TV (RBTV) ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan berbagai pihak.

Dibuka sejak 18 Oktober lalu, event sepeda virtual yang berlangsung selama satu bulan dengan memanfaatkan aplikasi ini akan berakhir pada 18 November mendatang.

“Ya. GenPI ikut berpartisipasi untuk mensukseskan event ini. Kita kolaborasi untuk Bengkulu tercinta,” terang Anggi Muhammad Sidiq Ketua Harian GenPI Bengkulu, Jumat (30/10/2020).

Sebelumnya, terang Anggi, GenPI Bengkulu memang ada agenda Fun Bike New Normal bersama Kemenpora. “Kegiatan ini sama. Waktunya sama. Yasudah setelah kami runding dengan pihak pemerintah dan penyelenggara karena juga pertimbangan Covid-19 dan sepakat kami gabung,” papar Anggi.

Sementara menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, bahwa event sepeda virtual ini diadakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Provinsi Bengkulu.

Meski di tengah pandemi Covid-19, nyatanya animo peserta masih tinggi. Tercatat sudah ada lebih dari 500 peserta dari berbagai kategori sejak dibuka hingga saat ini. Kepada para peserta, Hamka Sabri meminta agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Peserta tetap wajib menjaga jarak dan mengenakan masker selama bersepeda,” ujar Hamka.

Selain itu, tentunya tetap berhati-hati dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Sejatinya event ini digelar untuk membiasakan pola hidup sehat di tengah masyarakat dengan rutin olahraga salah satunya dengan bersepeda.

“Kita gelar ini supaya membiasakan masyarakat itu olahraga bersepeda. Olahraga ini bagus meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19 juga bagus untuk mengurangi polusi udara yang ditimbulkan dari asap pembuangan kendaraan bermotor,” ujar Hamka Sabri.

Dalam kegiatan ini Ketua Panitia RBC 2020 Raffly Agung Okiarlis menjelaskan ada  tiga kategori tantangan yang disiapkan. Pertama kategori anak minimal menempuh jarak 50 km, umum minimal 200 km serta profesional minimal 520 km. Tantangan tersebut harus diselesaikan dalam periode 18 Oktober hingga 18 November mendatang.

“Peserta silakan menentukan sendiri lokasi start, finish serta rute yang dilalui, nanti panitia akan mengakumulasikan perjalan peserta selama 1 bulan” terang Raffly Agung Okiarlis.

Untuk menyemangati peserta, panitia RBC telah menyiapkan medali untuk 25 peraih jarak terjauh kategori anak serta 52 medali masing-masing untuk kategori umum dan profesional. Selain medali, peserta yang mampu menyelesaikan tantangan berhak mengikuti undian berhadiah 2 unit sepeda motor, 22 unit sepeda dan puluhan hadiah menarik lainnya.

Medali beserta hadiah yang diundi akan dibagikan pada puncak kegiatan RBC yaitu 22 November mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here