Kepala Balai Iatih Petani Tehnik Memangkas Kopi

0
149

REDELONG, Beritamerdekaonline.com – Kepala Balai Pertanian Ikhsan, SP bersama Pemerintahan Kampung Godang menggelar pelatihan teknik untuk pemangkasan kopi di Kampung Godang, Kecamatan Bukit, Bener Meriah. Rabu (11/11/2020).

Dalam hal ini, Ketua panitia pelaksana pelatihan Yusra mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan berlangsung selama satu hari penuh dan diharapkan nantinya, peserta dapat mengambil ilmu yang diberikan oleh pemateri juga memberi motivasi terhadap petani kopi untuk lebih maju.

“Dapat kita katakan pelatihan pemangkasan kopi ini juga semoga akan membawa dampak positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kampung Godang, serta peningkatan tata prekonomian masyarakat yang lebih maju untuk kedepannya,” Ungkapnya.

Selain itu kata Yusra, pelatihan ini juga selain teori, peserta pelatihan akan melakukan praktek langsung cara pemangkasan kopi di kebun milik kampung yang saat ini berada di wilayah kampung Isaq Busur, Kecamatan Bukit Bener Meriah.

“Perlu diketahui kegiatan ini juga bersumber dari dana desa. Mudah-mudahan kegiatan ini akan menjadikan momen yang positif untuk saling meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Kampung Godang Sukri, menyampaikan dimana perkebunan warga yang ada di Kampung Godang ini masih kurangnya perawatan terhadap tanaman kopi, kalau dilihat dari hasil kopi cukup lumayan banyak saat masa panen tiba.

“Maka dari itu kita perlu dan penting kita memanggil penyuluh demi terawatnya batang kopi untuk dapat jangka panjang dan hasil bisa memuaskan nantinya,” Katanya singkat.

Kepala Balai Pertanian Ikhsan, SP bersama Pemerintahan Kampung Godang menggelar pelatihan teknik untuk pemangkasan kopi di Kampung Godang, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Selanjutnya Ikhsan SP, dari balai penyuluh pertanian, juga mengatakan, kalau di lihat dari perkebunan kopi yang di kampung godang ini, sudah sangat terbatas, dapat dikatakan sudah menjadi warisan dari orang tua terdahulu.

“Oleh sebab itu sangat penting juga kita lakukan peremajaan terhadap batang kopi yang ada, kita ketahui lahan itu tidak perlu terlalu luas kalau tidak terurus sama saja. Akan tetapi sedikit namun terurus dan menjanjikan,” Terangnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Babinsa Kopda Harmaizal, Babinkantibmas Brigadir Junaidi, Petue Kampung Godang Zaini Anwar, serta sebagai narasumber Ikhsan SP kepala Balai Pertanian dan peserta warga Kampung Godang. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here