banner 1028x90

Ratusan Peserta UMKM Aceh Tengah Peroleh Bimbingan Teknis Digital Entrepreneurship

TAKENGON, Beritamerdekaonline.com – Ratusan peserta dari pelaku pemula UMKM memperoleh bimbingan Teknis Digital Entrepreneurship dari Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Bayu Hill Takengon, dari tanggal 12 – 13 November 2020.

Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar pada acara tersebut mengharapkan agar setiap peserta dapat mengikuti acara Bimbingan Teknis Digital Entrepreneurship serius sehingga dapat berguna minimal untuk usaha pribadi.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini.

Bupati Aceh Tengah itu berpendapat bahwa kemajuan teknologi dan informasi telah menempatkan masyarakat global untuk melakukan penyesuaian di berbagai sendi kehidupan terutama dalam mendukung pekerjaan seperti  pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi dan kemudahan komunikasi serta transaksi.

Bupati Shabela menilai, saat ini sudah waktunya semua pelaku usaha  berbenah untuk dapat menembus persaingan global dengan menguasai teknologi pemasaran digital untuk keberlangsungan dan pengembangan usaha masing-masing.

Untuk itu menurutnya, kemajuan digital  itu hendaknya diiringi dengan kemajuan talenta para angkatan kerjanya melalui penyiapan SDM Unggul sehingga mampu bersaing dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, tentunya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi peningkatan SDM kita, terutama bagi pelaku UMKM dan wirausahawan muda dalam memanfaatkan dunia digital sebagai media bisnisnya,” ungkapnya.

“Oleh karena itu kami berharap kepada para peserta pelatihan untuk memanfaatkan momen ini dengan baik, karena ini merupakan kesempatan langka yang hanya diikuti oleh seratusan peserta, dan dibimbing langsung oleh ahlinya,” lanjut Shabela.

Bupati Shabela menyebut masih terdapat beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Tengah yang tidak atau belum  terhubung sinyal (blank spot), sementara banyak terdapat pemukiman penduduk di sekitar daerah tersebut.

“Melalui Bapak, kami menitipkan pesan untuk pak menteri dan atau pejabat terkait di Kemenkominfo, agar kiranya dapat membantu pembangunan tower seluler di beberapa pelosok wilayah Kabupaten Aceh Tengah yang belum terjangkau sinyal, agar semua masyarakat kami dapat merasakan kemudahan komunikasi secara merata.” Harap Shabela.

Dikesempatan yang sama Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan sertifikasi Badan Litbang SDM Kominfo, Ushuluddin, SH., MM menyebutkan bahwa kegiatan Bimtek Digital Entrepreneurship ini merupakan bagian dari program pengembangan SDM Digital Talent Scholarship (DTS) dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia untuk mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0 serta peningkatan ekonomi digital di tahun 2020.

“Bimtek Digital Entrepreneurship ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda agar dapat memulai dan mengembangkan usahanya dengan  memanfaatkan media digital atau media online,” jelasnya.

Lebih lanjut Pejabat Eselon II yang juga merupakan satu-satunya “Putra Gayo” yang berkarir di Kemenkominfo itu mengemukakan bahwa melalui Bimtek yang diselenggarakan ini dapat membangun optimisme peserta dalam memanfaatkan teknologi digital agar menjadi wirausaha yang bertalenta digital.

“Sasaran program ini adalah mencetak talenta digital di bidang UMKM dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Untuk itu, saya berharap para peserta dapat aktif agar dapat menyerap ilmunya.” Papar Ushuluddin.( Man)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics