banner 1028x90

Kuatkan Indeks Literasi Masyarakat, Perpustakaan Nasional RI Apresiasi Pemkab Asahan

ASAHAN – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan apresiasi kepada Pemkab Asahan atas berbagai program yang dibuat demi menguatkan indeks literasi masyarakat di Asahan.

Berbagai program selama ini telah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta masyarakat Kabupaten Asahan.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI Drs. Deni Kurniadi M. Hum, pada Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Dalam Mendukung Terwujudnya Sumber Daya Manusia Ungggul menuju Indonesia Maju Tahun 2020 yang digelar oleh Perpustakaan Nasional RI dengan didukung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Asahan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Asahan, Senin (23/11/2020)

Dalam rentang tahun 2030-2035, diprediksi Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yang merupakan fenomena langka karena hanya terjadi satu kali, yaitu ketika proporsi penduduk usia produktif berada lebih dari dua pertiga jumlah penduduk keseluruhan. Menciptakan generasi unggul dan berkualitas tidak terjadi dalam hitungan hari, namun harus melalui sejumlah tahapan, kegemaran membaca merupakan aktivitas yang mudah, akan tetapi sulit meluangkan waktu untuk melaksanakannya.

Lebih lanjut Deni mengatakan bahwa keluarga memegang andil penting dalam memupuk budaya membaca, ketika membaca sudah merupakan kebiasaan maka selanjutnya kegiatan membaca akan membudaya dan akan membentuk karakter seseorang.

Dalam kesempatan tersebut, Deni mengatakan Perlunya perpustakaan melakukan Transpormasi yang berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan kwalitas hidup dan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan mewujudkan empat peran perpustakaan yakni Perpustakaan sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan dan Pusat Kebudayaan, Perpustakaan dirancang lebih berdaya guna bagi masyarakat, Perpustakaan menjadi wadah untuk menemukan solusi dari permasalahan kehidupan masyarakat dan Perpustakaan memfasilitasi masyarakat untuk mengembamgkan potensi yang dimiliki.

Deni juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan karena sebagai salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan literasi masyarakat di Asahan.

“Ini merupakan salah satu aksi pemerintah yakni Perpusnas dalam mewujudkan 2020-2024 pembangunan SDM yang hakikatnya perilaku membaca, budaya kolektif membaca. Membaca merupakan transfer ilmu pengetahuan, struktur pemikiran yang produktif untuk kemajuan masyarakat,” ujar Deni.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Prof DR. Ir. Johar Arifin Husein, memaparkan peranan legislatif dalam membuat regulasi dan menyetujui anggaran untuk mendukung program prioritas nasional transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Setidaknya di Komisi X DPR RI telah mengesahkan dua Undang-undang penting terkait literasi yaitu UU Nomor 3 tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan dan UU Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam,” kata Johar

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan Misli M Noor, SH, MSi menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar dapat mengembangkan tema pada kegiatan hari ini yaitu Inovasi dan kreatifitas pustakawan dalam menguatkan indeks literasi masyarakat dalam mendukung SDM unggul indonesia Maju Khususnya di Asahan.

“Pemkab Asahan sangat berterimakasih atas ditetapkannya Kabupaten Asahan sebagai tuan Rumah Pelaksanaan kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat pada hari ini” pungkas misli.

Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara Ir. Helen Purba, MM, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Nasional Dr.Adin Bondar, MSi, Pegiat Literasi Kab. Asahan Tarida Ilham Manurung, MPd, unsur Forkopimda/Mewakili.
(DODI ANTONI)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics