Disdukcapil Asahan Meraih Juara II Registrasi Penduduk Tingkat Kabupaten

0
165
Disdukcapil Asahan tingkatkan perekaman KTP-EL dalam menyukseskan Pilkada 2020 di era new normal pandemi Covid-19.

Asahan, Beritamerdekaonline.com – Meraih Juara II Registrasi Penduduk Tingkat Kabupaten se-Sumatera Utara (Sumut), Disdukcapil Asahan tingkatkan perekaman KTP-EL dalam menyukseskan Pilkada 2020 di era new normal pandemi Covid-19 dan pelayanan administrasi kependudukan memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pemerintahan dan pembangunan di suatu daerah.

Penyelenggaraan administrasi kependudukan diarahkan sebagai wujud pemenuhan hak asasi setiap orang di bidang pelayanan administrasi kependudukan, sebagai upaya peningkatan kesadaran penduduk dan kewajibannya untuk berperan serta dalam pelaksanaan administrasi kependudukan, pemerintahan data statistik kependudukan dan statistik peristiwa kependudukan, adanya dukungan terhadap perencanaan pembangunan sistem administrasi kependudukan guna meningkatkan pemberian layanan publik tanpa diskriminasi.

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Asahan Drs. Supriyanto, M.Pd mengatakan di era New Normal Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjelang Pilkada serentak Tahun 2020 Disdukcapil Kabupaten Asahan telah berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik yang membahagiakan kepada masyarakat Kabupaten Asahan, Rabu (25/11/2020), di Kantor Disdukcapil Asahan.

“Terima kasih kepada masyarakat asahan atas antusiasnya dalam kepengurusan dokumen kependudukan di Disdukcapil Asahan,” ungkap Drs. Supriyanto, M.Pd.

Dalam hal ini selain penduduk aktif untuk mengurus dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) selaku instansi pelaksana  juga harus aktif untuk memberikan pelayanan dengan mendekatkan pelayanan melalui pelayanan keliling (jemput bola) pelayanan dokumen kependudukan ke desa-desa, sekolah, dan lain sebagainya, sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan.

Pendekatan pelayanan tersebut merupakan salah satu bentuk dalam memberikan pelayanan yang mudah cepat dan gratis sesuai slogan dari pelayanan administrasi kependudukan. Pelayanan yang mudah, cepat dan gratis diharapkan bukan hanya sekedar slogan, tapi harus diupayakan untuk diwujudkan di setiap pelayanan dokumen kependudukan di Disdukcapil Kabupaten/Kota.

“Maka diperlukan upaya peningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang salah satunya dengan penanganan dan pengelolaan pengaduan masyarakat yang baik, agar pelayanan yang membahagiakan masyarakat dapat diwujudkan,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2020 khususnya di Kabupaten Asahan. “Serta tetap menaati protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Dodi Antoni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here