Kapolda Minta Pelaku Usaha Ikut Andil Cegah Penyebaran Covid-19

0
27
Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Teguh Sarwono, M. Si.

Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Kian hari pasien positif Covid-19 kian meningkat. Ini ditandai dengan jumlah pasien di ruang Irna Fatmawati RS M. Yunus yang overload alias penuh.

Sebagai upaya menghentikan laju penyebaran wabah Covid-19, Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Teguh Sarwono, M. Si mengajak berbagai pihak untuk ikut andil dalam pencegahan penyebaran Virus Corona ini, salah satunya ialah pelaku usaha yang berpotensi mengumpulkan banyak orang.

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan pada prinsipnya semua pihak, termasuk pelaku usaha wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes). para pelaku usaha agar benar-benar disiplin menerapkan Prokes tersebut. Misalkan kapasitasnya sudah penuh, jangan lagi memaksakan untuk memasukkan pengunjung lainnya sehingga justru terjadi kerumunan.

“Tempat hiburan anak muda, kafe-kafe, mereka seharusnya mematuhi protokol kesehatan. Memang ini menjadi dilema yang cukup pelik buat pemerintah. Karena ada penanganan Covid-19 dan sekaligus pemulihan ekonomi nasional. Jadi, pemerintah tetap memberikan keleluasaan kepada pelaku usaha untuk tetap aktif berbisnis, berusaha, tapi patuhi protokol kesehatan, disiplin Prokes,” terangnya, Minggu (27/12/2020).

Para pelaku usaha juga diwajibkan menyediakan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan Prokes Covid-19 seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, mengatur tempat duduk agar jaga jarak, mewajibkan pakai masker, serta rutin menyemprot disinfektan.

“Demikian juga tamunya juga harus patuh. Kalau tempat duduk penuh, mungkin dia bisa memilih lain tempat, harus pakai masker, jaga jarak, jadi semuanya harus terlibat, patuhi Prokes,” pesan Kapolda. (BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here