Desa Talang Babatan Mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima BLT-DD Tahun 2021

0
298

Kepahiang, Beritamerdekaonline.com – Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, pada Pasal 39 ayat (1) disebutkan bahwa Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintahan Desa Talang babatan mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dengan agenda Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2021, Saptu (19/02/2021). Sekira pukul 19: 30 bertempat di balai desa.

Musdesus yang diselenggarakan di Balai Desa Talang babatan ini dihadiri oleh Camat seberang Musi, Kasi PMD Babinkamtibmas, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, PMD, PDTI, PLD, serta unsur lain yang terkait di desa. Musdesus ini, mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 17 Tahun 2020 tentang Percepatan Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dan Pedoman Penyaluran Dana Desa Tahun 2021.

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap agenda di atas, seluruh peserta musdesus menyetujui serta memutuskan data rumah tangga penerima BLT-DD tahun 2021 sebanyak 50 penerima KPM BLT DD tahun 2021 Adapun besaran BLT-DD yaitu Rp. 300.000,- per KPM yang akan disalurkan selama 12 bulan terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2021.

Dengan jumlah tersebut, Dana Desa untuk BLT-DD Tahun 2021 yang harus dianggarkan mencapai Rp. 180.000.000,-. Oleh karena itu, beberapa kegiatan yang pendanaannya bersumber dari Dana Desa, seperti kegiatan fisik hingga pemberdayaan dikurangi guna menyediakan anggaran BLT-DD Tahun 2021 ini.

Atas dilaksanakan nya musdesus yang dilaksanakan BPD bersama kepala desa Talang babatan, dalam kesempatan tersebut kepala desa Talang babatan Ali imron menyampaikan dalam sambutannya, ” saya harap kepada warga yang mendapatkan bantuan BLT DD tahun 2021 ini saya harap agar dana bantuan tersebut dapat di pergunakan sebaik baik nya agar sedikit dapat meringankan beban rumah tangga di masa pandemi Covid 19″.  jelas Ali imron.

Dalam kesempatan tersebut Camat seberang Musi Gunawan supriadi, menyampaikan dalam himbawannya, ” saya berharap bagi penerima BLT DD tahun 2021 agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut karna kita belum dapat memperediksi kapan pandemi Covid 19 ini akan berakhir, selain daripada itu saya juga berharap dalam masa pandemi Covid 19 ini tetap patuhi PROKES yang telah di tetapkan oleh pemerintah,jelas Gunawan.

Di sisi lain Kapolsek Kepahiang AKP Kadik Karjito melalui Babinkamtibmas talang babatan, BRIBKA Wiwin nopriansah, menyampaikan himbawan nya kepada masyarakat, sehubungan di masa pandemi ini, agar selalu taat pada protokol kesehatan dan bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan ini nanti agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut, ungkap wiwin. (ADV)

Penulis : Zainal Abidin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here