Musdesus Desa Tertik akan Tentukan Penerima BLT-DD TA 2021

Kepahiang, Beritamerdekaonline.com – Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, pada Pasal 39 ayat (1) disebutkan bahwa Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintahan Desa Tertik mengadakan MUSdes dan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang diselenggarakan di Balai Desa Tertik ini dihadiri oleh sekcam Tebat karai, Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, PMD, PDTI, serta unsur lain yang terkait di desa.

Musdesus ini, mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 17 Tahun 2020 tentang Percepatan Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dan Pedoman Penyaluran Dana Desa Tahun 2021.

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap agenda di atas, seluruh peserta MUSdes masyarakat menyepakati pembuatan lampu penerang jalan/lampu jalan dan musdesus menyetujui serta memutuskan data rumah tangga penerima BLT-DD tahun 2021 sebanyak penerima KPM BLT DD tahun 2021 Adapun besaran BLT-DD yaitu Rp. 300.000,- per KPM yang akan disalurkan selama 12 bulan terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2021.

Dengan jumlah tersebut, Dana Desa untuk BLT-DD Tahun 2021 yang harus dianggarkan mencapai Rp. 147. 600.000,-. Oleh karena itu, beberapa kegiatan yang pendanaannya bersumber dari Dana Desa, seperti kegiatan fisik hingga pemberdayaan dikurangi guna menyediakan anggaran BLT-DD ini.

Atas dilaksanakannya musdesus yang dilaksanakan kepala desa Tertik Asmawi menyampaikan dalam sambutannya, ” saya harap kepada warga yang mendapatkan bantuan BLT DD tahun 2021 ini saya harap agar dana bantuan tersebut dapat di pergunakan sebaik baik nya, jelas Asmawi.

Dalam kesempatan tersebut Sekcam Sopian, menyampaikan dalam himbawannya, ” saya berharap bagi penerima BLT DD tahun 2021 agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut karna kita belum dapat memperediksi kapan pandemi Covid 19 ini akan berakhir, selain daripada itu saya juga berharap dalam masa pandemi Covid 19 ini tetap patuhi PROKES yang telah di tetapkan oleh pemerintah, jelas Sopian.

Di sisi lain Babinsa SERTU Dewa Ks menghimbau kepada masyarakat, sehubungan di masa pandemi ini, agar selalu taat pada protokol kesehatan, ungkap Kadik. (ADV)

Penulis : Zainal Abidin

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics