Kangkangi Perbup No 2, BPMPPKB Aceh Utara Bantah Teken SPT Terkait Bimtek Kecamatan Seuneddon

Foto: kepala dinas DPMPPKB Aceh Utara Fahrurrazi

Lhoksukon, BMon – Berita Merdeka Online –Terkait Pelaksanaan Bimtek Aparatur Desa Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara DPMPPKB Aceh Utara akui tak pernah terbitkan Surat Perintah Tugas (SPT).

kepala dinas DPMPPKB Aceh Utara Fahrurrazi mengatakan, bahwa dirinya sampai hari ini belum pernah menandatangani SPT terkait Bimtek Aparatur desa Kecamata seunuddon yang dilaksanakan di Medan. Sabtu (13/3/2021)

“selama ini belum pernah ada yang saya tandatangani dan kalau ada yang bilang mohon tunjukan kepada saya”,Ucap Fahrurrazi.

Ketua Forum Geuchik Seunuddon  Safril Asnawi secara terpisah yang di hubungi media mengatakan bahwa kegiatan bimtek tersebut memang sudah kami laksanakan , namun terkait perbup no 2 tahun 2020 dirinya tidak tau persis ,dan tidak melihat isi yang tercantum didalamnya.

Baca Juga : https://www.beritamerdekaonline.com/bimtek-aparatur-desa-ta-2021-kecamatan-seneddon-langgar-perbup-aceh-utara

“Ya karena sudah ada kesepakatan pergi bimtek , ya pergi terus. Memang tidak saya lihat peraturan bupati tersebut karena kita pergi tanggal 26 Februari , namun keluar Perbup tersebut kalau gak salah sekitar tanggal 11 bulan Januari 2021 , memang duluan keluar perbup dengan keberangkatan kami, namun saya tidak baca perbup tersebut, kami masih berpedoman pada permendes awal , ya begitulah memang sudah kita laksanakan ya sudahlah “, ucap Safril.

Namun terkait masalah SPT dirinya menjelaskan bahwa SPT tersebut telah di suruh ambil sama PMD cuma masalah pengambilannya saya serahkan kepada sekretaris. Namun ,saya hubungi dia pun hp nya tidak aktif.

“SPTnya sudah kita suruh ambil ,cuma bukan saya semua disitu , ada kasi PMD , Ada sekretaris disitu”,ucapnya.

Saat Pewarta menegaskan sekali lagi terkait adanya SPT atau tidak kepada ketua Forum , Dirinya mengatakan , tidak bisa memastikan bahwa itu ada atau tidak karena ada yang kita suruh ambil, kemudian saya tidak mempertanyakan lagi pun masalah tersebut.

Dalam pelaksaan Bintek telah di atur dan perbup No 2 tahun 2020 mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Gampong Tahun 2021. Dalam poin ketiga disebutkan kegiatan pengembangan kapasitas masyarakat Desa semisal: studi banding, pelatihan pra-tugas guechik, pengembangan kapasitas Tuha Peut yang didanai Dana Gampong dilaksanakan secara swakelola oleh gampong atau Badan kerjasama antar Gampong, dan dilarang dikerjakan oleh pihak ketiga.

Kepala DPMPPK Aceh Utara menjelaskan bahwa sebelum keluarnya perbup No 2 tahun 2021 yang di buat berdasarkan Permendes No 13 tahun 2021 telah lebih dulu Kementrian Desa dan Tranmigrasi juga telah mengeluarkan Permendes No 21 tahun 2020 yang keluar pada bulan Desember. Dijelaskan pada pasal 76 ayat (1) Pemberdayaan Masyarakat Desa yang dilakukan oleh Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 huruf a dilakukan sesuai kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala Desa. (2) Pemberdayaan masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh pihak ketika bagaimana tertuang dalam huruf g pelaksana yang disepakati dalam hal kerja sama Desa dengan Pihak Ketiga.

Namun di saat awak media mempertanyakan kenapa permendes No 21 tahun 2020 yang di tetapkan pada tanggal 21 Desember 2020, sedangkan Perbup No 2 tahun 2020 ditetapkan bupati pada bulan februari 2021 yang masih sesuai dengan permendes no 13 tahun 2020 yang keluar pada 14 September 2020, kenapa perbup yang di keluarkan tidak berdasarkan Permendes terbaru ?

Namun dirinya mengatakan bahwa ketika permendes yang baru keluar tidak langsung ketangan mereka , namun butuh waktu.

“permendes tersebut tidak seketika sampai kepada kami , dan sudah sampai kami butuh waktu untuk mempelajarinya dan juga sekarang sudah kita lakukan penyesuaian -penyesuaian kembali berdasarkan regulasi yang baru” Ucap Fahrurrazi.

Namun tambahnya berdasarkan azaz hukum, ketika ada dua aturan yang bertentangan maka akan di ambil aturan yang lebih tinggi. Dan pelaksaan dimasyarakat tetap bisa menggunakan Permendes. (zulkifli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics