3 Kecamatan Terendam Banjir di Agara

Foto : Rumah warga Aceh Tenggara terendam banjir

Beritamerdekaonline.com, Kutacanen –Tiga Kecamatan terendam banjir di Aceh Tenggara, akibat tingginya curah hujan menyebabkan debit Sungai Alas (Lawe Alas) meluap. Puluhan rumah terendam disertai lumpur,  Selasa 26/10/ 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Aceh Tenggara (Agar), Nazmi Desky, membenarkan banjir merendam sedikitnya sembilan desa di tiga Kecamatan pada Selasa 26 Oktober 2021, pukul 03.11 WIB. Akibat tingginya intensitas curah hujan sehingga menyebabkan meluapnya sungai Alas. 

Dikatakan Nazmi, banjir gerusan sungai Alas ini mengakibatkan sebanyak sembilan desa terendam dengan ketinggian air diperkirakan rata-rata mencapai satu meter atau setinggi pinggang orang dewasa.

Menurut data BPBD Agara, tiga Kecamatan terendam yaitu, Desa Titi Hakhapen, Titi Mas, Alas Mesikhat, dan Tuhi Jongkat (Kecamatan Babul Rahmah). Kecamatan Tanoh Alas yaitu, Desa Salim Pinim dan Jambur Damar. Sementara di Kecamatan Ketambe meliputi Desa Lawe Sunan, Desa Lak- Lak, dan Desa Simpur Jaya.

” Allhamdulilah tidak ada korban jiwa akibat banjir ini, namun banjir tersebut berdampak meninggalkan sisa-sisa lumpur di rumah warga,” sebut Najmi

Data BPBD sebanyak 766 jiwa dari 207 kepala keluarga dievakuasi dan diungsikan ke rumah sanak saudara atau keluarga terdekat. Sementara untuk jumlah kerusakan dan kerugian akibat banjir ini masih dalam pendataan petugas. Pihak BPBD  telah melakukan kajian cepat dan mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi untuk meninjau situasi begitu mendapatkan informasi terjadinya banjir. 

“Untuk saat ini, devil sungai Alas telah mulai surut dan pihaknya sudah melaksanakan kegiatan rutin seperti administrasi dan pelaporan, pengendali dan, pengoperasian petugas piket PUSDALOPS, monitoring oleh petugas BPBD serta melakukan pendataan dan dokumentasi,” pungkasnya (Basri)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics