MT Telkomsel Bersama Human Initiative Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih ke Pulau Terpencil di Jawa Timur

Berita Merdeka Online, Sumenep – Majelis Taklim Telkomsel (MTT) bersama Human Initiative menyalurkan bantuan sarana air bersih berupa pembangunan dudukan tandon dan tandon 5.300 liter kepada masyarakat Pulau Paliat di Dusun Tanjung, Desa Paliat, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. 28/11

Bantuan diserahterimakan langsung oleh perwakilan MTT bersama tim Human Initiative ke pengurus Masjid Mujahidin di Dusun Tanjung, Pulau Paliat untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan mayarakat Pulau Paliat.

Acara serah terima bantuan telah dilaksanakan pada Rabu, 24 November lalu dihadiri oleh pengurus Masjid Mujahidin, Kepala Dusun Tanjung, Sekretaris Desa Paliat dan masyarakat Pulau Paliat. Rencananya bantuan sarana air bersih tersebut akan digunakan untuk mendukung program perpipaan masjid yang akan mengalirkan air ke rumah – rumah masyarakat di Pulau Paliat.

Sebagai informasi, Pulau Paliat sendiri merupakan pulau terpencil dari gugusan Kepulauan Kangean – Sumenep jika ditempuh dengan jalur laut bisa selama 18 jam dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Hingga saat ini, masyarakat Pulau Paliat masih mengalami krisis air bersih lantaran terbatasnya sumber air bersih yang bisa memenuhi kebutuhan penggunaan air bersih masyarakat setempat. Sumber air bersih yang dikelola Masjid Mujahidin di Dusun Tanjung merupakan sumber air yang terbaik di pulau tersebut pun terbatas untuk memenuhi masyarakat Paliat.

Sementara, memenuhi kebutuhan lingkungan masjid, sumber air ini bisa memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat di 2 dusun dari 6 dusun di Desa Paliat, diantaranya Dusun Talele dan Dusun Susunan. Sedangkan dusun-dusun lainnya masih mengalami krisis air bersih.

“Kami sangat bersyukur sekali kepada MT Telkomsel dan Human Initiative yang telah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke Pulau Paliat. Banyak lembaga lain yang ingin memberikan bantuan namun terkendala akses yang sulit dan jauh akhirnya batal memberikan bantuan.

Bantuan ini sangat berarti untuk masyarakat Paliat. Mudah-mudahan air yang rencana akan mengalir ke rumah – rumah warga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari – hari dan mendukung aktivitas pertanian masyarakat Paliat. Kami berharap masyarakat Paliat bisa memperbaiki kondisi hidupnya dari air yang ada”, ujar Ustad Sudarsono, Ketua Takmir Masjid Mujahidin.

Human Inititive sebagai lembaga kemanusiaan nasional, merasa terpanggil untuk memberikan solusi permasalahan krisis air bersih masyarakat Pulau Paliat. “Jarak jauh dan akses yang sulit tidak menyurutkan semangat kami untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara,

kami yang kesulitan, khususnya di Pulau Paliat. Alhamdullilah kami terharu bisa sampai disini dengan selamat dan bisa bertemu dengan Bapak-bapak dan Ibu-Ibu sekalian. Melalui bantuan ini, mudah-mudahan bisa memberikan solusi permasalahan air di pulau ini,” kata Deny Ferdyansyah, Kepala Bidang Operation Human Initiative Cabang Jawa Timur.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ramdhani yang menjadi perwakilan MT Telkomsel dalam penyaluran bantuan ini, pun juga sangat merasa bahagia bisa bertemu langsung dengan masyarakat Paliat dan menyampaikan amanah bantuan dari karyawan telkomsel. “Bantuan dudukan tandon dan tandon ini merupakan bantuan dari Zakat Infaq dan Shodaqoh karyawan – karyawan telkomsel.

Kami MT Telkomsel merasa bahagia bisa menyalurkan ZIS karyawan telkomsel untuk mengatasi permasalahan air masyarakat Paliat. Kami berharap permasalahan air di Pulau Paliat segera terselesaikan, sehingga kehidupan masyarakat Paliat bisa lebih baik,” kata Ramadhani.

Kebahagiaan masyarakat Pulau Paliat terhadap bantuan ini tidak bisa tergambarkan. Melalui perwakilan masyarakat Paliat, Bapak Saerno, Kepala Dusun Tanjung Desa Paliat menyampaikan syukurnya atas kedatangan perwakilan MT Telkomsel dan Human Initiative. “Kami terima bantuan ini dan akan kami jaga selalu.

Kami mendukung aksi – aksi sosial seperti ini untuk masyarakat kami. Tentu ini sangat bermanfaat,” kata Saerno.

Air merupakan sumber kebahagiaan untuk keberlangsungan kehidupan bagi masyarakat Pulau Paliat. Adanya sumber air yang ada, diharapkan bisa menjadi modal titik balik bagi kehidupan masyarakat Paliat yang lebih baik. Dengan dukungan dan bantuan sarana air bersih yang diberikan oleh MT Telkomsel bersama Human Initiative, semoga tetap mengalirkan harapan-harapan masyarakat di Pulau Paliat. (dfe)

Melalui Whatsapp Human Initiative hari ini , senen 29/11/2021. mengirim data ke Beritamerdeka.online.com

Penulis Agus Sulaiman

banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280" banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280 banner 700x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.