Muswil III DPW Permadani Jateng, Pedi Hendriyadi Terpilih Kembali Sebagai Ketua

SEMARANG, Beritamerdekaonline.com – Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Jawa Tengah menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) III yang diikuti 21 Pengurus Permadani kabupaten/kota se-Jawa Tengah bertempat di Hall Hotel Plaza Banyumanik Semarang, Minggu (19/12/2021).

Dari 24 pengurus Permadani yang telah berdiri di kabupaten/kota, hadir 21 utusan. Dan secara aklamasi memilih kembali ketua lama, Drs. Y.A Pedi Hendriyadi sebagai ketua DPW Permadani Jawa Tengah periode 2021 – 2025.

“Pada dasarnya DPW Provinsi itu melanjutkan kebijakan DPP yang tertuang di dalam AD/ART, dan seluruh kebijakan tersebut bisa diterjemahkan ke bawah, karena setiap DPD mempunyai keunikan masing-masing, sehingga pengelolaan kami dalam mendampingi seluruh DPD se-Jawa Tengah juga berbeda,” tutur Pedi kepada awak media usai ditetapkan sebagai ketua terpilih.

Dikatakan Pedi, pengelolaan dalam setiap kebijakan tersebut berbeda satu dengan yang lainnya dan tidak ada masalah. Namun jika suatu waktu nanti muncul masalah maka perlu pendampingan dan masukan-masukan yang baik buat Permadani.

Terkait program yang hendak dilaksanakan, Pedi akan melanjutkan program-program yang sebelumnya.

“Di Jawa Tengah pihaknya akan selalu mendampingi untuk reorganisasi dan menjawab perkembangan jaman, dalam arti lebih terbuka dengan organisasi-organisasi di luar yang bergerak dalam semangat yang sama, yaitu semangat mempertahankan budaya nasional dan budaya Jawa agar menjadi kekuatan bangsa,” ungkapnya.

Kedepan, sesuai arahan DPP, Pedi akan melaksanakan pendekatan di bidang Litbang (penelitian dan pengembangan) yang menjadi prioritas serta memberikan pembekalan kepada masing-masing DPD.

Sementara itu, di tempat yang sama, ketua DPP Permadani Drs. Suyitno Yoga Pamungkas, M.Pd memberikan apresiasi atas terselenggaranya Muswil III Permadani Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Pedi Hendriyadi dapat terselenggara dengan baik dan dapat bekerjasama dengan pihak-pihak lain.

“Harapannya bentuk-bentuk kerjasama yang selanjutnya bisa kita bakukan semacam dibuatkan MoU (kesepahaman) sehingga ada keterikatan,” harap Suyitno.

Suyitno mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan Muswil ini tidak ada pembatasan kandidat calon ketua yang diusulkan.

“Siapapun yang ada di sini berhak memilih dan dipilih,” tegasnya.

Lebih lanjut Yitno yang juga dosen Upgris Semarang ini mengatakan, Permadani merupakan organisasi independen dan semua pengurusnya tidak mendapat gaji, hanya mendapatkan yang namanya raharjaning manah (kepuasan batin).

Adapun tugas DPW dan DPP Permadani dalam hal ini hanya mengikuti kegiatan yang ada di daerah dan mengkoordinasikan, memberi motivasi dan apresiasi ke daerah-daerah.

“Jadi tidak ada kewajiban bagi daerah harus menyelenggarakan Pawiyatan dua kali dalam setahun, dan jikapun ada, maka DPP hanya memberikan dukungan saja,” ungkapnya.

Untuk kepengurusan DPW sendiri, dijelaskan Suyitno, baru ada tiga DPW. Yaitu DPW Permadani Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jambi. Menyusul ada permintaan dari PJB (Paguyuban Jawa Bengkulu) yang dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti agar tidak menyalahi AD/ART karena pengurus Permadani adalah anggota, dan anggota itu sendiri harus lewat Pawiyatan.

“Kami akan merancang dan membuat design bagaimana dalam waktu yang singkat kami bisa menyelenggarakan Pawiyatan, kemudian mengangkat menjadi pengurus. Rencana bulan Maret atau April nanti kita akan kesana (Bengkulu),” jelas Suyitno.

Harapan kedepan, Suyitno berharap, sesuai visi misi tujuan Permadani adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang setia kepada Pancasila yang berbudaya dan mampu menyesuaikan perkembangan jaman.

Beberapa waktu sebelumnya, DPD Permadani Kota Semarang telah melaksanakan Musyarawah Kota (Muskot) III dengan menetapkan Iptu Subardo, SH sebagai ketua terpilih periode 2021 – 2025.

Pada Muswil III DPW Permadani Jawa Tengah, Subardo selaku ketua panitia sangat berterima kasih kepada semua jajaran pengurus Permadani se-Jawa Tengah yang telah mendukung kegiatan Muswil hingga terlaksana sesuai jadwal dan berjalan lancar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus Permadani Kota Semarang, DPP, DPW serta DPD se-Jawa Tengah yang telah mendukung terselenggaranya Muswil III DPW Permadani Jawa Tengah dapat berjalan lancar dan sukses,” ucap Raden Bekel Sepuh Yudha Subardo, SH. (Alim/had)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics