banner 1028x90

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Bhabinkamtibmas Polres Demak Sambangi Peternakan

DEMAK, Beritamerdekaonline.com – Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Demak Polda Jawa Tengah, menyambangi sejumlah peternakan sapi dan kambing yang ada di desa binaannya. Mereka mengimbau para peternak untuk menjaga kebersihan kandang agar hewan ternaknya tidak mudah terkena wabah penyakit, Jumat (13/05/2022).

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono mengatakan, jajaran Bhabinkamtibmas di seluruh Polsek Jajaran diberdayakan untuk menyampaikan imbauan kepada para peternak agar memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan lebih teliti.

Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi atau kambing yang saat ini sedang menjangkit di beberapa wilayah.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kapolres Demak memerintahkan Kapolsek Jajaran untuk langsung bergerak dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas.

Budi menjelaskan dari pemantauan yang dilakukan jajaran Bhabinkamtibmas di wilayah kabupaten Demak belum ditemukan sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku sampai saat ini.

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” terangnya.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Bripka Siswanto yang menyambangi peternak sapi di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Meski sebagian kecil warga yang memiliki peternakan sapi dalam jumlah besar, namun di wilayah Kecamatan Karanganyar rata rata pekerjaan warganya adalah petani sehingga banyak yang memelihara hewan ternak seperti kambing dan sapi.

“Kita imbau kepada warga, terutama para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang. Serta untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala,” jelasnya. (Kus)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics