banner 1028x90

HUT KE – 653 KOTA CIREBON GELAR KIRAB AGUNG “ZIARAH KE MAKAM SYEKH SYARIF HIDAYATULLAH”

HUT KE - 653 KOTA CIREBON GELAR KIRAB AGUNG “ZIARAH KE MAKAM SYEKH SYARIF HIDAYATULLAH"

Kota Cirebon, Jabar | beritamerdekaonline.com – Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar Kirab Agung dalam rangkaian agenda memperingati Hari Jadi Cirebon yang ke – 653. Dan, kirab tersebut semua berjalan kaki menuju Makam Syekh Syarif Hidayatullah. Jum,at (29/7/22).

Dalam kegiatan Kirab Agung yang berlangsung di mulai dari Balai Kota Cirebon menuju Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Dan, kita semua berjalan kaki menuju Makam Syekh Syarif Hidayatullah. Jum,at (29/7/2022).

Dikatakan Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis, SH, Kirab Agung ini dilakukan untuk ziarah, sekaligus mengenang jasa – jasa dan teladan Syekh Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).

“Apa yang diajarkan oleh para leluhur pendiri Cirebon, akan kami kenang dan meneladani apa yang telah diterapkkan oleh Waliyullah Syekh Syarif Hidayatullah,” tandas Walikota Cirebon.

Rombongan Kirab Agung terdiri dari para pejabat dan juga masyarakat Kota Cirebon serta pasukan dari Keraton kasepuhan. Selain Walikota Cirebon, hadir pula Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg. Rombongan berangkat dari Balai Kota Cirebon sekitar pukul 14.00 WIB menempuh jarak sekitar 4,5 kilometer.

Walikota Cirebon Azis, menyampaikan Kirab Agung ini, dalam rangkaian Hari Jadi Cirebon ke 653 dan sekaligus peringatan Tahun Baru islam 1 Muharam. Dan, Habib Luthfi Bin Yahya tidak mengikuti Kirab Agung berjalan kaki, namun dirinya sudah menunggu rombongan di lokasi Makam Sunan Gunung Jati.

“Jadi Abah Luthfi berangkat terlebih dahulu agar tidak sampai magrib di jalan,” jelas Azis.

Perjalanan kirab Agung tersebut, terlihat sejumlah kendaraan Paksi Nagaliman mengawal kirab ziarah agung diikuti peserta dari 22 Kelurahan 5 Kecamatan, dan pihak keraton yang ada di Cirebon.

Sejak pukul 13.00 WIB, peserta Kirab Budaya yang berasal dari 22 kelurahan dan 5 kecamatan di kota Cirebon memang sudah berkumpul di Jalan Raya Siliwangi Kota Cirebon.

Editor : Kang yana/Red
Regional Jawa barat

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics