banner 1028x90

Difasilitasi Perkim LH, SMPN 2 Kenalkan TPAS Sungai Andok kepada Siswa

Padang Panjang, Sumbar beritamerdekaonline.com — Guna mengenalkan kepada siswa proses pembuangan dan pengolahan sampah, SMPN 2 Padang Panjang laksanakan kunjungan ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Sungai Andok, Sabtu (13/8).

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian Kurikulum Merdeka, di mana siswa-siswi kelas VII melaksanakan pembelajaran proyek yang salah satunya mengunjungi TPAS Sungai Andok.

Kadis Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) diwakili Sekretaris Yetti Syofyarni, M.E mengapresiasi SMPN 2. Karena semua siswa dan siswinya semangat untuk mengetahui tentang TPAS Sungai Andok.

“Kita apresiasi kurikulum yang ada di sekolah saat ini. Karena dengan adanya kurikulum ini, kita bisa menginformasikan kepada generasi muda cara-cara pengolahan sampah, perbedaan sampah yang bisa diolah dan tidak bisa diolah.

Menginformasikan berapa sampah yang dihasilkan selama satu hari. Apa saja kerja petugas kebersihan dan yang terpenting generasi muda tahu bahwa kita bisa mengurangi sampah di rumah dengan cara mengolahnya,” jelasnya.

Selain itu, Yetti juga memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa-siswi terkait TPAS dan bagi yang dapat menjawab dengan benar diberi hadiah.

“Semoga dengan kegiatan ini generasi muda kita bisa mengubah mindset-nya dan mengurangi penggunaan sampah plastik ke depan,” tutupnya.

Sementara itu Koordinator Proyek, Nova Sriyanti, M.Pd menyampaikan, kegiatan ini merupakan proyek yang harus dilengkapi siswa dan siswinya. Mereka diajak ke TPAS ini agar mengetahui sampah yang mereka hasilkan selama ini dikemanakan, dan diapakan oleh dinas terkait.

“Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Perkim LH yang telah memberikan banyak ilmu untuk anak-anak. Semoga anak-anak kami bisa menerapkannya nanti di rumahnya masing-masing,” katanya.

Di akhir kegiatan, siswa-siswi langsung mengunjungi tempat pembuangan sampah plastik dan pengolahan sampah menjadi pupuk. (R/KN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics