banner 1028x90

Kantor Bahasa Sasar Bandara Fatmawati sebagai Mitra Pengembangan dan Pembinaan Bindo

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu (Kantor Bahasa) melaksanakan audiensi dengan Executive General Manager Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu terkait rencana pengembangan program pembinaan bahasa Indonesia (Bindo) dan literasi di area bandara, Selasa, 23 Januari 2023.

Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu (Kantor Bahasa) melaksanakan audiensi dengan Executive General Manager Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu terkait rencana pengembangan program pembinaan bahasa Indonesia (Bindo) dan literasi di area bandara, Selasa, 23 Januari 2023.

Dalam audiensi ini, Kepala Kantor Bahasa, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum menyampaikan bahwa bandara adalah salah satu ranah publik yang setiap hari dikunjungi oleh orang yang memerlukan jasa transportasi penerbangan. Orang yang memerlukan jasa penerbangan ini juga beragam tingkatan sosialnya, mulai dari masyarakat umum sampai kepada pejabat negara, bahkan termasuk orang asing, baik sebagai pelancong maupun tenaga kerja asing.

“Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi lembaga antarkedua lembaga ini sebagai bentuk inovasi kinerja lembaga dengan mengedepankan asas saling menguntungkan,” ujarnya.

Lanjutnya, ia menjelaskan tentang tugas dan fungsi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu secara menyeluruh, Kantor Bahasa adalah unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang ada di daerah dengan tugas pokok melakukan pelindungan, pembinaan, dan pengembangan bahasa Indonesia dan daerah.

“Berkaitan dengan tugas pokok ini, terdapat program unggulan Kantor Bahasa tahun ini, yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), internasionalisasi bahasa Indonesia, dan literasi. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dengan pihak bandara terkait program unggulan ini seperti pengadaan pojok baca di ruang tunggu bandara serta pembinaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di wilayah bandara,” jelas Ibu Laily sapaan akrabnya.

Sementara, Pimpinan Cabang P.T. Angkasa Pura II di Bengkulu Ngatimin K. Murtono didampingi beberapa stafnya menyambut baik rencana kolaborasi program ini terutama untuk program literasi. Ia berjanji akan menyediakan tempat untuk membuat sudut baca di area ruang tunggu bandara, tetapi dengan mekanisme yang mengikut pada aturan bandara bahwa tidak semua orang bebas keluar masuk ke bandara, apalagi ruang tunggu kecuali mempunyai kartu identitas yang telah divalidasi oleh pihak bandara.

“Bahwa Kantor Bahasa harus menyediakan sendiri komponen-komponen yang diperlukan untuk mengisi pojok baca tersebut seperti bahan bacaan, rak buku, dan komponen pendukung lainnya,” ucap Ngatimin, di ruang kerjanya.

Pada kesempatan ini Pimpinan Cabang P.T. Angkasa Pura II di Bengkulu Ngatimin K. Murtono beserta stafnya mengajak Kepala Kantor Bahasa beserta rombongan untuk melihat lokasi yang akan digunakan nanti untuk tempat pojok baca.(Tim)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics