banner 1028x90

Kenang Perjuangan Pendiri Bangsa, Kodim 0105/Abar Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Kenang Perjuangan Pendiri Bangsa, Kodim 0105/Abar Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Aceh Barat, Berita Merdeka Online Kasdim 0105/Abar Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan membacakan Amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Lapangan Apel Makodim setempat yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (1/6/2023)

Adapun Pejabat – Pejabat Upacara lainnya yakni Kapten Inf Hendra Saputra (Komandan Upacara), Kapten Inf Muhamaddar (Perwira Upacara) dan Lettu Inf Ahmad Sulaiman Lubis selaku Pembaca UUD 1945. Kemudian untuk kelompok barisan Pengibar Bendera Merah Putih diisi oleh Serda Junaidi Putra, Koptu Edi Purwoto dan Koptu Rosman Almuzakir.

Dihadapan Patriot – Patriot NKRI, Kasdim 0105/Abar membacakan amanat Panglima TNI yang tersirat bahwa Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesai.

“Setiap nilai – nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para Founding Fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan UUD 1945”, kutip Kasdim

Lebih jauh lagi, Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum untuk mengenang, menghormati sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai Prajurit TNI, Kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah sebagai instrumen atau alat pemersatu bangsa yang harus Kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai – nilai inklusivitas, toleransi dan gotong – royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhineka Tunggal Ika”, Tegas Kasdim

Lebih lugas Kasdim mengatakan bahwa tema Peringatan Hari Lahir Pancasila ini sudah sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang tengah dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni “Gotong – Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, Bapak Panglima TNI berpesan kepada seluruh Prajurit sekalian agar selalu menjaga dan melestarikan nilai – nilai Pancasila. Mari Kita saling bergotong royong dan bersatu padu”, tutup Kasdim. (Almanudar)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics