Kotawaringin Timur Diguncang Gempa Bumi Kuat, Tidak Berpotensi Tsunami

JAKARTA, Beritamerdekaonline.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan analisis terkait gempa M4,5 yang mengguncang Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (30/10/2023) pukul 01.21 WIB. Gempa bumi ini dirasakan cukup kuat oleh warga setempat.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,5. Episenter gempa terletak pada koordinat 2,31 LS dan113.02 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Timur Laut Sampit-Kalimantan Tengah pada kedalaman 13 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

“Gempa Mag 4,5 di Kotawaringin Timur, Kalimantan ini merupakan jenis gempa kerak dangkal yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan,” katanya.

Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru, Ketapang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics