Malaysia Punya Raja Baru, Sultan Ibrahim Iskandar Terpilih Pada Pemungutan Suara Rahasia

Malaysia kini punya raja baru, meski baru akan sah pada 31 Januari 2024 setelah dilantik. Penguasa Johor Sultan Ibrahim Sultan Iskandar yang diangkat menjadi Raja Malaysia.

MALAYSIA, Beritamerdekaonline.com –  Sultan Ibrahim Iskandar telah terpilih untuk menduduki kursi Raja Malaysia.Sultan Ibrahim dipilih dalam pemungutan suara rahasia pada Jumat (25/10).

Suara diberikan selama Konferensi Penguasa, di mana hanya sembilan penguasa yang bisa ambil bagian. “Sultan Ibrahim telah terpilih sebagai Yang Dipertuan Agong ke-17 untuk masa pemerintahan lima tahun dari 31 Januari 2024,” bunyi pernyataan kerajaan, seperti dikutip The Star, Sabtu (28/10/2023).

Dengan pemilihan ini, maka Sultan Ibrahim akan menggantikan Yang Dipertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah. Sultan Abdullah akan berakhir jabatannya pada 31 Januari tahun depan.

Sementara itu, Sultan Perak Nazrin Muizzuddin Shah telah dipilih sebagai wakilnya. Di Malaysia, raja menjabat sebagai kepala negara yang memainkan peran seremonial.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, peran kerajaan menjadi penting lantaran ketidakstabilan politik. Tidak seperti penguasa kerajaan Malaysia lainnya, Sultan Ibrahim blak-blakan tentang politik dan memiliki hubungan baik dengan Perdana Menteri Anwar Ibrahim. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics