Aceh Singkil Turut Serta Meriahkan Pekan Kebudayaan Aceh Ke-8

ACEH SINGKIL, Beritamerdekaonline.com – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke – 8 di Banda Aceh dilaksanakan pada 4 – 12 November 2023. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil juga menampilkan berbagai kesenian dan produk Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM) lokal.

Kegiatan diisi dengan penampilan Pawai Budaya, tari kreasi, lomba musik tari garapan, seni tutur, seminar, pameran anjungan, pameran rempah, teater, festival busana, pertunjukan tari tradisional, pertunjukan tari warisan budaya tak benda (WBTB), lomba kayu jalok dan boh gaja.

Kontingen dari kabupaten Aceh Singkil ikut serta pada pawai budaya. Terdapat penampilan tarian khas Aceh Singkil (Dampeng) dan pakaian adat yang dikenakan untuk menyemarakkan pawai budaya kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke- 8 Kontingen Aceh Singkil, Minggu (5/11/2023) di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Aceh.

“Alhamdulillah Satu perlombaan sudah kita ikuti (pawai budaya) tinggal menunggu hasil perlombaan,” kata Faisal, S. Pd selaku Ketua Pelaksana PKA Kontingen Aceh Singkil.

Sebelumnya, kegiatan seluruh cabang perlombaan yang di ikuti, peserta kontingen dari Aceh Singkil sudah melakukan persiapan secara khusus dan matang.

Selain pawai budaya, Faisal menyebutkan kontingen dari Aceh Singkil juga akan mengikuti cabang perlombaan perahu hias.

Selanjutnya, peserta akan mengikuti perlombaan musik kreasi dan lomba teater tradisional, masing – masing di panggung Indoor taman Budaya.

“Serta lomba musik tradisi garapan di kompleks tarasa panggung utama,” tandas Faisal.

Sekedar diketahui, Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 dengan tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia” resmi dibuka di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu malam, 4 November 2023.

Pembukaan PKA-8 ditandai dengan penumbukan rempah di leusoeng kayee oleh Deputi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Didik Suhardi, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, Wali Nanggroe PDYM Malik Mahmud Al-Haytar, dan Forkopimda Aceh di hadapan ribuan pengunjung.

Pembukaan event empat tahunan ini diawali dengan penampilan seni rapai pase serta parade marching band Gita Handayani. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari pemenang PKA-7 yaitu Kabupaten Aceh Selatan, yang diserahkan Pj Bupati Cut Syazalisma kepada Pj Gubernur Aceh.

(Gunawan)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics