Bhabinkamtibmas Polsek Dampal Utara Berinovasi Dengan Masyarakat, Kreatif Membuat Alat Tangkap Ikan

Bhabinkamtibmas Desa Kabinuang Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli, AIPDA Awaludin.

SULAWESI TENGAH (TOLITOLI), BERITAMERDEKAONLINE.COM –Satu lagi inovasi Bhabinkamtibmas yang di lakukan bersama warga desa binaannya, dalam hal meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Bhabinkamtibmas Desa Kabinuang Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli, AIPDA Awaludin bersama warga membuat alat tangkap ikan yang aman dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan pohon bambu.

Anggota Polri yang bertugas di Polsek Dampal Utara, Polres Tolitoli ini, memberikan edukasi keterampilan kepada warga binaannya di desa Kabinuang dengan memanfaatkan sumber daya alam berupa tanaman Pohon Bambu yang dibuat dengan cara di anyam menjadi alat tangkap ikan yang biasa disebut dengan ‘Bubu’.

“Alat tangkap ikan ini merupakan alat yang ramah lingkungan yang tidak memberikan dampak negatif terhadap lingkungan biota laut.alat tangkap ikan ini tidak merusak dasar perairan,” kata AIpda Awaludin, Kamis (9/10/2023).

Edukasi dan ketrampilan yang diberikan kata Bhabinkamtibmas, agar warga dalam meningkatkan kompetensi dan pemberdayaan nelayan tradisional dalam hal penangkapan ikan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang banyak tumbuh subur diperkebunan warga yaitu dengan pemanfaatan pohon Bambu.

Pemanfaatan Pohon Bambu dijadikan alat tangkap ikan ini merupakan suatu upaya merubah mindset nelayan tradisional, untuk tidak melakukan penangkapan ikan secara illegal yang dapat merusak terumbu karang dan biota laut lainnya. Dan menjadi langkah upaya dalam membangun kesadaran nelayan tradisional untuk menjaga laut dan pantai agar terjaga kelestariannya.

Dia berharap dari inovasi ini, dengan memberikan edukasi dan ketrampilan kepada masyarakat bisa menambah kepercayaan publik terhadap kinerja Polri, khususnya Bhabinkamtibmas dapat bekerjasama dalam hal menjaga Kamtibmas didesa binaananya.

Sehingga inovasi ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengentaskan kemiskinan dan penggangguran di Desa Kabinuang kecamatan Dampal Utara.

Inovasi Bhabinkamtibmas Desa Kabinuang ini tidak terlepas dari arahan dan perintah dari Kapolsek Dampal Utara, IPDA Aktur, kepada seluruh anggotanya utamanya Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah kecamatan Dampal Utara, untuk selalu hadir ditengah tengah masyarakat. (ALM)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics