Cegah Diabetes Bagi ASN, Dinkes Agam Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023

Agam, (Sumbar) Beritamerdekaonline.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Agam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh ASN dan masyarakat dalam pencegahan penyakit diabetes dan hipertensi di Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-59 bersamaan dengan Hari Diabetes Sedunia di Gor Rang Agam, Rabu (15/11/2023)

Terdapat tiga stand untuk tes kesehatan yang pemeriksaannya berupa tes gula darah, tes tensi, tes berat dan tinggi badan.

Adapun terdapat stand khusus pemeriksaan kesehatan mental yang berupa tes melalui pengisian kuisioner.

Kepala Dinas Kesehatan, Hendri Rusdian mengatakan tujuan diadakannya program ini agar seluruh ASN dan masyarakat mengetahui bagaimana kondisi kesehatannya sehingga dapat melakukan pencegahan lebih dini

“Kita harapkan seluruh ASN sehat semuanya dan dapat melakukan tugasnya dengan berjalan baik dan lancar,” tuturnya.

Selain kegiatan pemeriksaan kesehatan, Dinkes menyelenggarakan program lain berupa kegiatan aksi bergizi, kegiatan olahraga, dan kegiatan kesenian.

“Nanti acara puncaknya Insya Allah tanggal 23 Desember 2023,” jelas Hendri.

Hendri pun mengimbau seluruh masyarakat untuk rutin memeriksa kesehatan sehingga dapat mengantisipasi kondisi kesehatan yang tidak diinginkan.

“Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, dapat kita antisipasi dari awal,” ucapnya.

Salah satu peserta yang melakukan pemeriksaan, Kepala Dinas Perkim, Rinaldi merasakan manfaat setelah mengikuti program ini.

Ia pun dapat mengetahui kondisi tubuh dan antisipasi yang dapat dilakukan menyangkut kesehatannya.

“Seperti tadi pada saat tes gula darah, informasi dari petugas kesehatan mengatakan gula darah saya agak tinggi. Disamping itu petugas mengatakan langkah yg harus saya lakukan yaitu mengatur pola makan, pola tidur, dan melaksanakan olahraga,” jelasnya.

Ia pun berharap tahun depan program ini lebih ditingkatkan dengan adanya pemeriksaan tambahan selain tes gula darah.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Dinkes merupakan kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November dan Hari Diabetes Dunia pada 14 November. (KN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics