Dana PILKADA Kabupaten Limapuluh Kota Disetujui, Ini Besaran Untuk KPU dan BAWASLU

Kepala Kantor KESBANGPOL Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir .

SUMATERA BARAT (LIMAPULUH KOTA), BERITAMERDEKAONLINE.COM- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) menyetujui anggaran Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Bupati -Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota mencapai 37, 23 M untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU). Anggaran tersebut bahkan telah disepakati kedua belah pihak dan telah dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD).

Penandatanganan NHPD tersebut dilakukan Jumat 11 November 2023 di ruang kerja Bupati Limapuluh Kota di Kawasan Bukik Limau Kecamatan Harau. Penandatanganan itu dilakukan langsung oleh Bupati Limapuluh Kota, Safarudin dan masing-masing Ketua KPU dan BAWASLU.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor KESBANGPOL Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir yang hadir langsung saat penandatanganan NHPD itu.

”Iya setelah adanya kesepahaman antara Pemerintah Daerah dan penyelenggara Pemilu disepakati anggaran mencapai 37, 23 M, dan telah dilakukan penandatanganan Naskah Hibah Perjanjian Daerah (NHDP) kemarin,” sebut Joni Amir saat menghadiri acara Simpang Kapuak Baralek Gadang, Sabtu pagi 11 November 2023.

Joni juga menambahkan, dari 37, 23 M anggaran yang disepakati itu 12 M untuk BAWASLU dan KPU mencapai 25,23 M.

“Untuk proses administrasi telah dilakukan setelah kedua belah pihak mencapai kesepahaman atau kesepakatan, 12 M untuk BAWASLU dan untuk KPU mencapai 25,23 M. Penandatanganan oleh BAWASLU dilakukan sebelum Jumat dan KPU Ba’da Magrib,” ujar mantan Kabag Humas Pemkab Limapuluh Kota itu.

Mantan KALAKSA BPBD Kabupaten Limapuluh Kota itu juga menyebutkan, sesuai kemampuan daerah anggaran, yang disepakati tersebut memang berkurang dari jumlah/proposal yang diajukan oleh KPU maupun BAWASLU.

“Alhamdulillah sesuai kemampuan daerah dan pemahaman KPU dan BAWASLU terjadi kesepakatan, meski sebelumnya KPU mengajukan anggaran mencapai 39 M dan BAWASLU 21 M,” sebutnya.

Joni juga menambahkan, jelang disepakati untuk dilakukan penandatanganan NHPD tersebut memang terjadi pembahasan yang cukup alot. (Fd)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics