Dandim 0105/Abar Bersama Pj. Bupati Dan Kepala BPBD Tinjau Banjir Di Wilayah Aceh Barat

ACEH BARAT, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Intensitas hujan deras mengakibatkan banjir di beberapa Desa dan Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Barat. Guna mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution bersama Pj. Bupati Drs. Mahdi Efendi dan Kepala BPBD tanggap bencana dengan turun langsung meninjau titik – titik lokasi banjir yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Barat, Selasa (21/11/2023).

Sejauh ini, debit air kian bertambah dan belum ada tanda – tanda air surut. Bahkan Jalan utama di sejumlah Desa pada titik – titik tertentu telah digenangi air dengan ketinggian yang bervariasi.

Menanggapi hal tersebut, unsur Forkopimda Aceh Barat bersinergi turun langsung bergerak cepat meninjau wilayah – wilayah yang dilanda banjir sekaligus memerintahkan instansi terkait untuk siaga di lokasi banjir guna membantu masyarakat.

“Kepada para Babinsa maupun Danramil – Danposramil agar melaporkan setiap perkembangan situasi kondisi pada kesempatan pertama secara hirarki. Kemudian bangun komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait terutama pihak BPBD selama pelaksanaan monitoring di lapangan namun tetap utamakan faktor keamanan,” kata Dandim.

Dandim tidak hanya mengintruksikan Babinsa untuk siaga pasif, namun Babinsa harus masif dan aktif membantu masyarakat dalam hal mengamankan diri maupun barang – barang berharga hingga menyelamatkan sektor Pertanian ataupun sektor Perekonomian jika memungkinkan.

“Kita berharap keberadaan Babinsa dapat menenangkan Hati masyarakat dan bisa mengurangi rasa kepanikan. Kita semua bermunajat semoga banjir ini lambat laun lekas surut sehingga masyarakat dapat beraktifitas seperti biasa. Kepada Babinsa tetap semangat dan ikhlas dalam pengabdian,” kata Dandim.

Pj. Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi dalam kesempatan yang sama turut menghimbau seluruh warga masyarakat terutama yang berdomisili di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) ataupun dataran rendah yang rawan banjir agar mengaktifkan kewaspadaan tingkat tinggi dan langsung mengungsi ke tenda – tenda yang telah disediakan.

“Kami selalu menghimbau kepada warga untuk tetap waspada, peka dan siaga guna mengantisipasi hal – hal yang tidak Kita inginkan. Jadi, Kami mohon kepada warga masyarakat agar mengikuti atau mematuhi apa – apa yang diarahkan oleh instansi terkait pada saat dilokasi banjir. Semua ini demi keselamatan Kita bersama dan Kita bermunajat semoga banjir ini lekas surut,” kata Pj. Bupati.

Pantauan di lokasi, Dandim bersama PJ. Bupati dan Kepala BPBD menyisiri wilayah – wilayah yang terdampak banjir sekaligus memantau persipan Dapur Umum yang ada di Tenda – Tenda yang telah disiapkan serta menjalin komunikasi dengan warga masyarakat guna mendengarkan keluh kesah yang dialami akibat banjir ini.

Tak sampai disitu, mendengar laporan ada 50 warga dari 20 KK yang berada di Dusun Trieng Weng dan Dusun Trieng Gading Desa Meunasah Rambut Kecamatan Kaway XVI terjebak banjir, Dandim 0105/ Abar bersama Pj. Bupati langsung bergerak cepat memimpin proses evakuasi menggunakan LCR BPBD guna menjemput dan membawa 50 warga tersebut ke tempat yang lebih aman. (Rilis/Almanudar)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics