Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes, Launching dan Sosialisasi Simpel Jago

Brebes, Beritamerdekaonline.com – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes, meluncurkan aplikasi Sistem Pengelolaan Laporan Kinerja Organisasi Online (Simpel Jago), Senin (20/11/2023).

Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes, Hendri Adi Komara, MPt menyampaikan, aplikasi ini akan lebih meningkatkan efektifitas pengelolaan laporan kinerja instansi pemerintah,terutama laporan kinerja Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes.

“Ini akan sesuai dengan target yang telah ditetapkan di RENJA dan DPA. Sehingga lebih terorganisir, tepat waktu, terarsip dan dapat diakses lebih mudah,” jelas Hendri.

Selanjutnya,Hendri menyambut baik adanya inovasi Simpel Jago karena efektifitas laporan kinerja bisa optimal mulai dari proses pengumpulan data sampai dengan pelaporan dan terarsipnya pelaporan kinerja sehingga memudahkan pencarian data pelaporan.

“Dengan adanya system aplikasi Simpel Jago, akan lebih meningkatkan efektifitas pengelolaan laporan kinerja instansi pemerintah terutama laporan kinerja Dinarpus,” pungkas Hendri.

Inovator Simpel Jago yang juga Kasubag Program dan Keuangan Dinarpus Brebes Nuraini Pujiastuti, SE menambahkan, laporan kinerja menggambarkan sasaran, target dan realisasi atas indikator kinerja yang sudah ditetapkan di Renstra Organisasi. Komponen dalam penyusunan laporan kinerja meliputi tiga komponen utama yaitu: (1) Rencana strategis organisasi; (2) Rencana Kinerja; (3) Pengukuran kinerja, baik pengukuran kinerja kegiatan maupun pengukuran kinerja sasaran.

Tujuan dari laporan kinerja organisasi adalah untuk menggambarkan penerapan Rencana Strategis (Renstra) dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi di Dinarpus Kabupaten Brebes.

“Laporan kinerja merupakan dasar dan bahan untuk penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) yang harus disusun setiap tahunnya dan dilaporkan sebagai bagian dari laporan SAKIP Dinarpus Kabupaten Brebes,” ungkapnya.

Dengan adanya data yang valid dan terorganisir dengan baik, diharapkan Dinarpus Kabupaten Brebes akan bisa menggambarkan kondisi nyata kinerja organisasi.Sekaligus akuntabilitas kinerja di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes. (Wawan Bambang AK).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics