Ganjar Ingin Danau Toba Menjadi Wisata Kelas Dunia

MEDAN, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Calon Presiden Ganjar Pranowo melakukan safari ke Danau Toba. Melihat keindahan Danau Toba, ia ingin mendorong destinasi itu menjadi wisata kelas dunia.
Ganjar Pranowo berkunjung ke Danau Toba pada Minggu (12/11/2023). Lokasi yang ia kunjungi tepatnya berada di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Pada lawatan tersebut, Ganjar tampak menikmati suasana Danau Toba. Ia juga menengok UMKM kain ulos serta berdialog dengan para perajinnya.

Menurutnya, kawasan Danau Toba memiliki sejumlah potensi yang dapat mendongkrak pariwisata. Salah satunya kain ulos yang dibuat langsung oleh warga lokal.

“Kita ditunjukkan produk UMKM bagus sekali. Kreasinya bagus. Jadi sebenarnya anak-anak mudanya punya desainer-desainer yang bagus ada juga pra seniornya yang bisa membuat kerajinan yang bagus sekali, indah sekali. Jadi saya minta agar ada narasi dari setiap corak yang ada agar masyarakat yang ada di luar mengerti prosesnya, filosofinya, perwarnaannya bahwa ini membutuhkan teknik yang tinggi,” kata Ganjar.

Selain itu, potensi keindahan alam Danau Toba juga dapat dimaksimalkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Menurutnya, Danau Toba dapat dikembangkan menjadi destinasi kelas dunia.

“Ini area yang sangat cantik sekali. Saya kira kita bisa kembangan menjadi destinasi wisata kelas dunia,” ujarnya.

Ya, Danau Toba merupakan salah satu dari 5 destinasi superprioritas yang menjadi fokus pengembangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Danau ini memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi sehingga membuatnya menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di Danau Toba, mulai dari mendaki bukit, menyusuri danau, hingga berkunjung ke desa-desa wisata yang menjadi tempat tinggal suku Batak. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics