Guna Membantu Tugas..!! Kini Polres Brebes Miliki Kendaraan Taktis Penghalau Aksi Unjuk Rasa

Brebes,Beritamediaonline,com.-Ada hal yang berbeda saat Polres Brebes Polda Jawa Tengah menggelar pelatihan Pengendalian masa (Dalmas) pada Senin (6/11/2023) sore kemarin. Dimana, dalam pelatihan tersebut menerjukan satu unit kendaraan taktis (Rantis) baru yang dimiliki Polres Brebes yakni, Rantis Riot Control Unit (RCU) yang berfungsi sebagai barikade atau tameng penghalau masa saat penanganan aksi unjuk rasa,Selasa (7/11/23).

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq melalui Kasat Samapta AKP Suraedi mengatakan, “Bahwa Rantis tersebut merupakan bantuan dari Mabes Polri yang diterima oleh Polres Brebes beberapa hari kemarin.Rantis berupa telehandler (jenis alat berat yang berfungsi untuk mengangkat material berat) dimana Rantis tersebut memiliki peralatan tameng yang bisa dipergunakan sebagai penyekat atau pendorong /penghalau massa saat terjadi demo (unjuk rasa) yang berfungsi sebagai barikade atau tameng penghalau massa saat penanganan unjuk rasa dan Rantis Multiguna,”jelasnya.

” Rantis tersebut bisa digunakan untuk membantu tugas kemanusian dalam penanggulangan bencana seperti pembersihan pohon tumbang, pengerukan lumpur akibat banjir serta pembersihan tanah longsor.Ini memang kendaraan multi fungsi dimana dalam satu kendaraan ini kami bisa mendapatkan beberapa fungsi seperti tameng pada saat aksi unjuk rasa. Dimana kendaraan tersebut dipergunakan sebagai penyekat atau pendorong /penghalau massa dan juga berguna untuk membantu tugas kemanusiaan seperti penanggulangan bencana alam serta beberapa fungsi lainnya,”lanjutnya.

“Harapanya dengan Rantis ini dapat berguna dan mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian serta membantu dalam tugas kemanusiaan yang akan dilakukan oleh Polres Brebes kedepanya,” pungkasnya.

 

(Wawan Bambang AK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics