Kasus Pengadaan APD Covid-19, KPK Tetapkan Tersangka

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

JAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kasus yang telah naik ke tahap penyidikan ini terkait dugaan korupsi pengadaan alat pelindung diri (APD) di Kemenkes tahun 2020.

“Pengadaan APD apa sudah ada tersangka? Ya sudah ada,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah KPK, Jakarta, Kamis (9/11/2023) malam.

Bahkan, lanjut Alex, para pimpinan sudah menandatangani surat perintah penyidikan di kasus tersebut. Menurutnya, jika sudah naik ke tahap penyidikan, artinya sudah ada tersangka di kasus itu.

“Itu sprindik (surat perintah penyidikan) juga sudah kita tanda tangani. Kita sudah menetapkan tersangka,” kata Alex mengungkapkan.

Meski demikian, Alex tidak menjelaskan lebih rinci terkait konstruksi kasus ini. Dia pun belum dapat mengungkapkan identitas para tersangka.

“Nama-namanya sudah ada semua. Tapi saya lupa,” ucapnya.

Terkait pengadaan APD untuk Covid-19 ini sebelumnya sempat bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) atas perkara wanprestasi. PN Jakarta Selatan memenangkan gugatan PT Permana Putra Mandiri terhadap tiga tergugat.

Ketiganya yaitu pejabat pembuat komitmen (PPK) dr Budi Sylvana MARS, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB). Putusan ini diketok oleh ketua majelis Siti Hamidah dengan anggota majelis Djuyamto dan Agung Sutomo Thoba, Kamis (22/6/2023).

Dalam putusannya, tiga tergugat itu dinilai telah melakukan ingkar janji atau wanprestasi terkait pembelian alat pelindung diri (APD) terhadap PT Permana Putra Mandiri. Di mana APD tersebut  dipesan pada saat Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

Gugatan itu dimenangkan PT Permana Putra Mandiri dan menghukum Kemenkes dan BNPB sekitara Rp300 miliar. “Menyatakan Tergugat I, Tergugat II dan Tergugat III telah melakukan ingkar janji atau wanprestasi,” demikian bunyi putusan PN Jaksel yang dilansir website PN Jaksel. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics