Masyarakat Akan Terima BLT El Nino, Ini Besarannya

Mensos Tri Rismaharini

JAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM –  Komisi VIII DPR RI melakukan Rapat Kerja dengan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini membahas program kerja tahun 2024. Serta agenda pemberian bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Mensos Tri Rismaharini memastikan, BLT El Nino sebesar Rp200 ribu akan diberikan selama 2 bulan. Kepada lebih dari 18 juta penerima, dengan anggaran Rp7,520 triliun.

“BLT El Nino selama dua bulan, tiap bulan 200 ribu untuk 18 juta 800 KPM, totalnya 7 triliun 520 miliar. Untuk anggaran Kemensos 2024 total Rp79 triliun 214 milyar 83 juta,” ujar Tri Rismaharini di Ruang Rapat Komisi VIII, pada Selasa (7/11/2023).

“Untuk belanja Bansos 75,61 triliun atau 95,47 persen,” ucapnya. Anggota Komisi VIII DPR, My Esti Wijayati berharap penyaluran BLT El Nino dilakukan hingga tahun 2024.

“Untuk BLT El Nino ternyata ini ada di anggaran Kemensos, tapi saya pernah membaca tulisan bahwa BLT El Nino ini akan diberikan sampai 2024. Tapi saya tidak lihat ada di 2024 Januari sampe Juni ada BLT El Nino yang tercantum di Kemensos,” katanya.

Anggota Komisi VIII DPR, Syamsuniang mendukung penyaluran BLT El Nino melalui PT Pos. Hal ini untuk efesiensi waktu penyaluran kepada penerima manfaat.

“Kami setuju dengan penyaluran El Nino melalui pos, tidak lagi melalui himbaran, ini penting bagi kita. Pos ini cepat sampe ke desa, kalau himbaran lama,” ucapnya.

Anggota Komisi VIII DPR, M Husni mengapresiasi penyaluran BLT El Nino. Menurutnya Kemensos peka terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Yang masalah bantuan ke depan El Nino sebesar 200 ribu. Tentunya kami sangat mendukung sekali supaya lewat PT pos,” katanya.

Adapun Kemensos menyebut, untuk anggaran tahun 2024 diusulkan sebelum Rp79 triliun. Dimana Rp75 triliun atau 95 persen diperuntukkan untuk bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics