Piala Dunia U-17 2023 ; Spanyol VS Jepang, 2-1

SOLO, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Pertandingan ketat timnas U-17 Spanyol vs Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023,  berakhir dengan skor 2-1. Laga ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin malam, 20 November 2023.

Saat laga baru memasuki menit kedelapan, Spanyol mencetak gol melalui Quim Junyent Casanova. Pemain Barcelona ini yang bergerak ke depan gawang mampu memanfaatkan bola liar dengan melakukan tembakan langsung.

Seperti pertandingan sebelumnya di babak penyisihan grup, Marc Guiu dan rekan-rekannya berupaya mendominasi permainan. Namun, sejumlah peluang yang ada belum bisa dioptimalkan menjadi gol.

Tim asuhan Jose Maria Lana Fernandez kesulitan menggandakan keunggulan. Apalagi, barisan belakang Jepang cukup sigap mengantisipasi serangan yang dibangun para pemain Spanyol.

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Jepang menyamakan kedudukan lewat Gaku Nawata. Setelah menerima umpan dari Ryunosuke Sato, dia mampu mencari ruang tembak meski dihadang pemain Spanyol, lalu melesakkannya ke gawang Spanyol. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1 dan itu bertahan hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih Spanyol U-17 menurunkan penyerang Igor Venancio Oyono Oyana menggantikan gelandang Yanez Barla. Berikutnya, gelandang Paulo Iago diturunkan dari bangku cadangan untuk pengganti Pablo Lopez Gomez pada menit ke-61.

Di kubu Jepang, penyerang andalan mereka, Rento Takaoka yang sudah mencetak empat gol dalam tiga pertandingan babak penyisih grup, dimainkan. Dia menggantikan Aren Inoue, pada menit ke-61.

Tak lama kemudian, Jepang kembali melakukan pergantian pemain. Gelandang Gaku Nawata yang sebelumnya mencetak gol di laga ini, digantikan dengan penyerang Yutaka Michiwaki. Berbarengan dengan itu, gelandang Ryunosuke Yada juga turun ke lapangan, menggantikan Joi Yamamoto.

Namun, pergantian pemain yang dilakukan Jepang tidak membuahkan gol. Mereka malah kebobolan pada menit ke -73. Quim Junyet mengirimkan umpan terobosan ke depan yang kemudian disambut Marc Guiu.

Pergerakan Guiu yang cepat tak bisa dihentikan pemain Jepang. Setelah berhasil menggiring bola ke depan gawang, pemain Barcelona itu melakukan tembakan dan tidak bisa dihalau kiper Wataru Goto. Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Spanyol.

Setelah terjadinya gol kedua Spanyol, pertandingan sengit kembali berlanjut. Guiu dan rekan-rekannya terus menekan dan menebar ancaman ke barisan pertahanan Jepang. Sementara, para pemain Jepang tetap gigih berupaya mencetak gol balasan.

Di sisa waktu yang ada, tidak ada gol tercipta. Skor tetap 2-1 untuk keunggulan Spanyol tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

Hasil ini membawa timnas Spanyol U-17 lolos ke perempat final Piala U-17 2023. Tim asuhan Jose Lana menjadi tim kedua yang memastikan maju babak delapan besar, menyusul Brasil yang lebih dulu melenggang ke perempat final setelah mengalahkan Ekuador 3-1 pada Senin sore di stadion yang sama. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics