PJ Walikota Yogyakarta Minta Duta Genre Bisa Memprovokasi Teman-Teman Menjadi Generasi Berencana

YOGYAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya menyiapkan generasi berencana untuk mendukung program keluarga berencana (KB) yang berkualitas. Salah satunya dengan melantik Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat kelurahan periode 2023-2024 Kota Yogyakarta. Para Duta Genre diharapkan menjadi percontohan bagi remaja dan promotor program Genre di lingkungan masing-masing untuk mewujudkan generasi berencana yang sehat, cerdas dan berkarakter.

Total ada 45 pasang  remaja putra dan putri  yang dilantik menjadi Duta Genre tingkat kelurahan periode 2023-2024 oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. Para remaja tersebut adalah perwakilan dari 45 kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta. Tugas dan peran Duta Genre antara lain memberikan advokasi komunikasi, informasi dan edukasi tentang program Genre.

“Banyak harapan yang kita inginkan pada rekan-rekan (Duta Genre) semua. Harapan untuk  memprovokasi, memotivasi, mengajak dan mengingatkan kepada generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” kata Singgih usai melantik Duta Genre Kelurahan di Gedung PKK Kota Yogyakarta pada Sabtu (11/11/2023).

Menurut Singgih segala sesuatu berasal dari perencanaan yang baik. Termasuk para generasi muda sebagai penerus bangsa harus menyiapkan diri dengan menjadi generasi yang berencana. Terutama untuk menyiapkan generasi Indonesia emas pada tahun 2045. Oleh sebab itu harus dipersiapkan mulai dari generasi sekarang. Para Duta Genre diharapkan bisa memprovokasi teman-teman sebaya agar menjadi generasi yang berencana.

“Saya mohon Duta Genre bisa melakukan ke teman-teman sebaya untuk bisa memprovokasi yang positif. Penjenengan (Duta Genre) sudah dilantik, saatnya beraksi dan berkolaborasi dengan siapa pun yang bisa mengajak teman-teman sebaya menjadi generasi berencana,” tambah Singgih.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta Sarmin mengatakan untuk menyiapkan dan menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan keluarga sejahtera harus dimulai dari generasi muda. Oleh karena itu DP3AP2KB Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan DIY menyiapkan anak-anak remaja untuk menjadi Duta Genre.

“Harapannya adalah anak-anak ini bisa menjadi pionir di tempatnya masing-masing, sehingga benar-benar nanti bisa menjadi generasi yang dipersiapkan. Sekaligus menjadi promotor pemerintah untuk ikut menyukseskan program Bangga Kencana dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas di Kota Yogyakarta,” jelas Sarmin.

Sedangkan salah satu Duta Genre dari Kelurahan Kricak, Olivia Haya Saharani akan melakukan koordinasi di internal dahulu di kelurahan dan mengaktifkan kembali dan menjalankan program yang belum jalan terkait Genre seperti Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Termasuk memanfaatkan teknologi informasi untuk melaksanakan program Genre.

“Menjadi generasi yang berencana penting banget karena di dalam Genre ada pelajaran bagaimana menyiapkan tidak hanya generasi yang akan kita lahirkan, tapi dari diri kita sendiri. Bagaimana cara meningkatkan kualitas diri dan pasangan nanti untuk melahirkan generasi yang berkualitas untuk mewujudkan kemajuan bangsa,” terang Oliv. (SP)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *