Presiden RI Sebut KTT OKI Hasilkan Resolusi Penting

Presiden Joko Widodo memberi keterangan pers dari Washington DC, Senin (13/11/2023) (Foto: layar tangkap Sekretariat Presiden)

JAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Presiden Joko Widodo menyatakan, KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Negara-negara Islam (OKI) menghasilkan resolusi penting. Resolusi yang berisi pesan kuat tersebut menurut Presiden untuk dunia.

“Alhamdulillah, KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan ini yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Washington DC, Senin (13/11/2023) pagi WIB atau Minggu (12/11/2023) malam waktu Amerika Serikat.

Presiden berujar, pesan kuat dari resolusi tersebut merupakan suara dari 57 negara atau sepertiga suara dari negara-negara di dunia. Pesan dari resolusi tersebut merupakan pesan paling keras dari OKI sejauh ini, karena menjadi sikap dari situasi terkini di Gaza.

Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas kepada Presiden Biden. Pesan tersebut merupakan pesan khusus yang disampaikan Presiden Abbas kepada Presiden Biden melalui Presiden Jokowi.

Dukungan penuh juga disampaikan Presiden Jokowi kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Menlu Retno Marsudi terpilih sebagai salah satu menteri yang mendapat kepercayaan dari OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina.

“Saya juga memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu menteri luar negeri. Yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina,” ucap Presiden lebih lanjut.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kondisi terkait RS Indonesia di KTT OKI dan pada pertemuan bilateral. Presiden mengatakan, sangat penting untuk menghormati hukum humaniter internasional.

“Saya ingin kembali tegaskan, bahwa sejak awal terjadinya serangan, pemerintah telah dan akan terus berupaya. Untuk melindungi WNI serta fasilitas-fasilitas publik termasuk RS Indonesia,” ujar Presiden.  (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics