Pria Ini Ditangkap Polisi Karena Sebarkan Hoaks Tentang Begal

BENGKALIS, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Sebuah laporan begal di Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan, yang pertama kali diunggah di akun Instagram Wargabks, mengundang respon cepat dari Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Bengkalis.

“Setelah mendapat informasi ini, kami segera berkoordinasi dengan admin akun Wargabks untuk mengidentifikasi akun penginformasi, yang ternyata adalah akun IG Long_faa382,” ungkap Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro melalui Kasat Reskrim AKP Gian Wiatma Joni Mandala pada Selasa (21/11/23).

Meskipun upaya untuk menghubungi pelapor dengan akun IG Long_faa382 tidak berhasil, pihak Reskrim berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk menemui pelapor dan korban, mengarahkannya ke Polres Bengkalis untuk membuat laporan resmi.

Setelah tiba di Polres, insial Y, yang mengaku sebagai korban, memberikan keterangan yang terus-menerus berubah saat diinterogasi. Y kemudian dibawa ke rumah dan Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk menjelaskan secara detail.

Namun, pada akhirnya, Y merupakan warga Desa Ketam Putih ini mengakui bahwa ia telah berbohong kepada keluarganya, menyebabkan penyebaran informasi palsu ke akun media sosial (Medsos) IG Wargabks.

Akibat perbuatannya ini, Y akhirnya membuat video klarifikasi di Mapolres Bengkalis dan menyatakan telah membuat berita bohong atas kejadian yang menimpa dirinya sebagai korban begal pelaku bersenjata tajam di Pulau Bengkalis.

Dalam konteks ini, Polres Bengkalis mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi yang belum terverifikasi. Kasat Reskrim menegaskan, “mari kita hindari agar kejadian serupa tidak terulang lagi.”

Karenanya, ia menambahkan, jika menemui kejadian tindak pidana, segera laporkan ke Polres Bengkalis atau melalui Bhabinkamtibmas setempat agar dapat ditangani tanpa menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. (SP)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics