YouTube Uji Coba Fitur ‘Chatbot AI’ Terbaru

JAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Baru-baru ini platform YouTube sedang melakukan uji coba chatbot baru (percakapan manusia) yang didukung Artificial Intelligence (AI). Dan alat percakapan baru ini beri nama YouChat di YouTube.

Melansir Antara, Rabu (8/11/2023), agar dapat berkomunikasi dengan pengguna, dan mereka dapat menyelami lebih dalam konten yang mereka tonton. Selain itu, ini juga akan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang video yang pengguna tonton, rekomendasi untuk konten terkait.

“Fitur ‘YouChat’ tersedia mulai Senin untuk sejumlah kecil orang dan pada sebagian video,” kat YouTube. YouTube juga mengatakan jika dalam beberapa minggu ke depan, video ini akan diluncurkan kepada pengguna YouTube Premium.

Khususnya bagi pengguna di Amerika Serikat pada perangkat Android. Sementara itu, pengguna yang memiliki akses ke fitur chatbot eksperimental dapat mengakses alat tersebut.

Yaitu, dengan mengetuk tombol “Tanya” baru di bawah video YouTube yang dipilih. Setelah itu, pengguna bisa mengajukan pertanyaan tentang video tersebut atau memilih perintah yang disarankan.

Bahkan, alat percakapan tersebut tidak menggunakan chatbot Bard milik Google, tetapi fitur dihasilkan dari informasi YouTube, dan website. “Fitur ini dihasilkan oleh model bahasa besar yang memanfaatkan informasi dari platform YouTube dan web,” katanya kembali.

“Kami berharap fitur ini dapat membantu mereka (pembuat konten) mengetahui sekilas apa yang dibicarakan penonton mereka”. Pengujian tersebut dijalankan kepada sejumlah kecil video dalam bahasa Inggris yang memiliki bagian komentar besar.

Untuk mengaksesnya, pengguna YouTube Premium dapat ikut serta dalam mencoba fitur ini di laman resmi YouTube. Selama beberapa minggu, dan bulan mendatang, YouTube akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pengguna bisa menggunakan fitur-fitur baru itu.  (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics