banner 1028x90

Menhan Katakan, Pembelian Alutsista Bukan untuk Gagah-gagahan

JAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM – Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, menyatakan bakal terus berupaya memperkuat sistem pertahanan Indonesia. Caranya dengan menjalin sejumlah kerja sama pertahanan dan pembelian alat utama sistem senjata (alutsista) untuk TNI.

Meski begitu, Menhan menegaskan pembelian alutsista itu bukan untuk gagah-gagahan atau menyerang siapa pun. “Kita ingin damai, tetapi juga ingin tetap merdeka dan berdaulat,” ujarnya, Sabtu (2/12/2023).

Lebih lanjut Prabowo menjelaskan pentingnya keberadaan militer untuk mendukung pertahanan yang kuat demi menjamin kemerdekaan Indonesia.

“Kemerdekaan dan kedaulatan itu mahal sehingga memiliki angkatan perang adalah mutlak untuk menjamin hal itu,” katanya.

Karena itu, Menhan berkomitmen untuk melengkapi para prajurit TNI dengan alutsista dan perlengkapan terbaik. “Mereka telah memberikan pengabdian serta dedikasi terbaik, bahkan hingga mempertaruhkan nyawa,” ucapnya.

Mengenai jumlah alutsista yang idealnya dibutuhkan TNI, Prabowo mengatakan masih terus dikaji dan disesuaikan dengan kebutuhan pertahanan negara.

“Harus dipahami bahwa wilayah kita itu seluas Eropa,” ujarnya memberi perbandingan.

Menurut Menhan, benua Eropa yang terdiri dari puluhan negara membutuhkan puluhan angkatan perang. “Nah, hitung saja perbandingannya dengan kita,” ujarnya. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics