banner 1028x90

KPU : Durasi Debat Capres-Cawapres 2,5 Jam, Disiarkan Langsung Televisi

Jajaran Komisioner KPU telah menetapkan jadwal debat capres-cawapres dan tema yang dibahas (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

JAKARTA, BERITAMERDEAONLINE.COM –  KPU telah mengumumkan tema debat capres-cawapres untuk Pemilu 2024. Masing-masing debat nantinya berdurasi 2,5 jam dan disiarkan langsung televisi nasional.

Ada lima kali debat yang telah ditetapkan. Terbagi menjadi tiga debat untuk capres dan dua cawapres.

Dalam Pemilu 2024 terdapat tiga pasangan capres-cawapres. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Idham Kholik, Ketua Divisi Teknis KPU, mengungkapkan pemilihan tema debat berdasarkan diskusi dengan masing-masing tim kampanye capres-cawapres. Dengan begitu diskusi telah melibatkan semua pihak yang berkepentingan.

Secara khusus tema debat merujuk kepada visi nasional dalam preambul UUD 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN). Diharapkan masing-masing capres-cawapres bisa memaksimalkan kesempatan debat untuk menyampaian visi dan misi secara maksimal.

Lima tema debat yang telah disampaikan KPU itu adalah sebagai berikut:

Debat I, 12 Desember 2023

o Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi

Debat II, 22 Desember 2023

o Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

Debat III, 7 Januari 2024

Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

Debat IV, 21 Januari 2024

Energi, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Mineral, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, Masyarakat Adat.

Debat V, 4 Februari 2024

Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society), Ketenagakerjaan. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics