banner 1028x90

Gubernur Sumbar Buka Apel Pasukan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Pasaman

Pasaman, (Sumbar) Beritamerdekaonline.com — Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 ditandai dengan apel pasukan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, di halaman kantor Bupati Pasaman, Selasa, 20/2/2024.

Hadir dalam pelaksanaan apel tersebut, Danrem 032/Wirabraja yang diwakili oleh Kasrem Kolonel Inf Josep Tanda Sidabutar, Kasi Ops Korem 032 Kolonel Inf Ahmad F Dalimunthe, Kasi log Korem 032 Kolonel Inf Akmil Satria Marha Yudha, Bupati Pasaman Sabar AS, Dandim 0305/Psm Letkol Inf Putra Negara, SH. M. Han., Dandim 0304/Agam Letkol Arm Bayu Ardhitiya Nugraha, Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Hermawansyah, Kasdim 0305 /Psm Mayor I f Supadi, Danramil kodim 0305/Pasaman, Pasi Kodim, Wakil Ketua DPRD Pasaman Danny Ismaya, Kapolres Pasaman AKBP Yudho Huntoro, S.I.K, M.I.K., Plh Sekda Pasaman, Yasri Uripsyah, pimpinan BUMD, kepala OPD, Pimpinan Baznas Pasaman.

Upacara pembukaan TMMD juga diikuti oleh jajaran TNI, kepolisian Polres Pasaman, Pol PP dan Damkar Pasaman, perwakilan ASN, mahasiswa dan utusan siswa sekolah SLTA, SLTP se Kecamatan Lubuk Sikaping,

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan simbolis peralatan kerja kepada tiga perwakilan satgas TMMD oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan Penanda tanganan kerjasama Pelaksanaan TMMD antara Gubernur Sumbar, Bupati Pasaman dan Dandim 0305/Pasaman, serta pemukulan gong oleh gubernur, pertanda dimulainya pelaksanaan TMMD ke-119 tahun 2024.

Adapun Posko TMMD ke-119, berlokasi di samping halaman SD 29 Simpang Kuayan, Nagari Simpang tonang Utara, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman.

Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Putra Negara, dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan TMMD ini diselenggarakan mulai tanggal 20 Februari sampai tanggal 20 Maret 2024, akan dilaksanakan nantinya di Jorong Perdamaian, Nagari Simpang Tonang Utara, Kecamatan Duo Koto.

Ia menyebutkan, tujuan diadakannya TMMD adalah sebagai pedoman bagi satgas pelaksanaan di lapangan dan melaporkan kesiapan, pelaksanaan kegiatan program terpadu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024, yang dilaksanakan di Wilayah Kodim 0305 /Pasaman.

“Dalam pelaksanaanya, sasaran pokok dari TMMD ini adalah, peningkatan badan jalan sepanjang 5 Kilo meter dengan lebar 6 Meter. Selain itu, juga dilaksanakan pelebaran, pengerasan dan pembuatan saluran”, terang Dandim.

“Disamping itu, juga dilakukan pembuatan plat duiker sebanyak dua unit, ditambah dengan pemasangan mortal sepanjang 50 Meter dan pembuatan gorong-gorong sebanyak dua unit”, tambah Dandim.

“Selain pelaksanaan fisik, sasaran non fisik juga dilaksanakan diantaranya, penyuluhan kepada masyarakat, sekaligus pemberian bantuan dari badan, dinas, instansi, lembaga Kabupaten Pasaman dan ditambah dengan penyerahan bantuan dari BUMD, BUMN se-Sumatera Barat”, jelasnya.

Dandim 0305 Pasaman juga menerangkan, untuk sasaran tambahan dari TMMD ini antara lain, pembuatan RTLH sebanyak enam unit dan pekerjaan ini pihaknya bekerjasama dengan Baznas Pasaman dan Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Untuk sumber anggaran dari pelaksanaan TMMD kali ini, berasal dari APBD Pasaman tahun anggaran 2024 sebesar Rp 1 Milyar, yang dilaksanakan secara swakelola, ungkap Putra Negara.

Diakhir laporannya, ia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, untuk percepatan mengatasi keterisolasian wilayah dan masyarakat.

Dalam waktu yang sama, Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan, pelaksanaan TMMD ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat. Dan disamping itu TMMD sangat terintegrasi dengan program pemerintah daerah, yaitu Pasaman terakses.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi program TMMD ini. Untuk pembangunan Pasaman ini, perlu dukungan seluruh pihak, termasuk apa yang dilaksanakan TNI saat ini. Bahkan dalam pelaksanaanya, TMMD juga membangun berbagai fasilitas pendukung untuk masyarakat. Dan untuk itu kita berharap, dalam pelaksanaannya, masyarakat dapat berbaur dengan TNI untuk bersama sama membangun daerah Pasaman pada umumnya”, tutup Sabar AS.

Usai upacara pembukaan, Bupati Pasaman dan Kasrem didampingi pejabat Korem 032/Wirabraja serta kepala OPD Pasaman, langsung meninjau lokasi pelaksanaan TMMD di Kecamatan Duo Koto, Pasaman. (CN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics