banner 1028x90

Pelaksanaan Pencairan Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT Melalui E-Warung Diduga Ada Potongan

MAJALENGKA, BERITA MERDEKA Online – Program Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat/KPM, yaitu keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25 persen terendah didaerah pelaksanaan. Bentuknya berupa kartu keluarga sejahtera yang salah satunya dapat digunakan di e-warung terdekat.

Meskipun namanya Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT, masyarakat tetap mendapatkannya dalam bentuk uang. Jumlah yang diterima sebesar Rp 200.000,- per bulan dan dibagikan dua bulan sekali sehingga dalam satu tahun ada enam tahap penyaluran dan Keluarga Penerima Manfaat/KPM akan menerima Rp 400.000,- dalam sekali pencairan. Artinya setiap Keluarga Penerima Manfaat/KPM akan menerima total bantuan sebesar Rp 2,4 juta dalam satu tahun.

Pelaksanaan Kegiatan Pencairan Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT Desa Bongas Wetan Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka yang disalurkan melalui e-warung CARINAH tepatnya di Blok.Buah Gede telah dilaksanakan minngu pertama di bulan Januari yaitu pada hari kamis (01/02/2024),
Keluarga Penerima Manfaat/KPM sudah berdatangan dan mengantri didepan e-warung untuk melakukan pencairan ketika awak Media Berita Merdeka Online berkunjung. Namun sangat disayangkan uang yang seharusnya diterima utuh oleh Keluarga Penerima Manfaat/KPM ternyata ada potongan dari e-warung.

Kita mencoba berinteraksi dengan beberapa Keluarga Penerima Manfaat/KPM yg sudah melakukan pencairan dan mereka mengatakan “bahwa ada potongan sepuluh ribu rupiah dengan alasan untuk admint, dan ini sudah kebiasaan dari awal setiap pencairan yang disalurkan melalui e-warung CARINAH”, pungkas salah seorang Keluarga Penerima Manfaat/KPM.

Awak Media Berita Merdeka Online pun mengkonfirmasi langsung temuan tersebut kepada Ibu.Carinah sebagai pemilik e-warung, “kuota Keluarga Penerima Manfaat/KPM kisaran 400 orang”, namun Ibu.Carinah mengelak dan tetap bersikukuh kalau tidak melakukan pemotongan sepeserpun, bertolak belakang dengan fakta dan keterangan beberapa Keluarga Penerima Manfaat/KPM.
Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT seharusnya oleh Keluarga Penerima Manfaat/KPM dipergunakan untuk membeli beras, telur, dan bahan pokok lainnya sesuai harapan pemerintah masyarakat bisa mendapatkan gizi seimbang, bukan hanya karbohidrat, melainkan juga protein.

Teddi Triyadi HK
Berita Merdeka Online

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics