banner 1028x90

PJ. Bupati Padang Lawas Resmi Buka Acara MUSRENBANG RKPD Tahun 2025

Padang Lawas, Berita Merdeka Online – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Padang Lawas menyelenggarakan Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Gedung Olahraga Bercahaya Kabupaten Padang Lawas. Rabu (28/02/24).

Tema pembangunan tahun 2025 yang diusung pemerintah Kabupaten Padang Lawas adalah “Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Dan Daya Saing Sumber Daya Manusia”.

Pj. Bupati Padang Lawas Dr. Edy Junaedi, S.STP., M.Si menyampaikan dalam arahannya bahwa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2025 perlu kita pedomani harus bertolak ukur pada data sesuai fakta dan kenyataan di lapangan. Berdasarkan capaian pembangunan kabupaten padang lawas dari segi Indikator Kinerja Makro :

1. Indeks Pembangunan Manusia Mengalami Peningkatan Di Tahun 2023 Sebesar 70,34 Dari 69,58 Di Tahun 2022, Sehingga Kabupaten Padang Lawas Termasuk Dengan Ipm Kategori Tinggi Di Tahun 2023;

2. Pertumbuhan Ekonomi Mengalami Peningkatan Dari Tahun 2021 Sebesar 3,83% Menjadi 4,61% Di Tahun 2022;

3. Gini Rasio Terus Mengalami Penurunan Dari Tahun Ketahun Di Tahun 2023 Sebasar 0,2250 Poin Dibandingkan Tahun 2021 Sebesar 0,2525 Poin Terus Mengalami Perbaikan Dalam Hal Pemerataan Kesenjangan;

4. Laju Pertumbuhan PDRB Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha Pada Tahun 2023 Sebesar Rp. 8.747,96 (Juta) Terus Mengalami Kenaikan Dibandingkan Tahun 2022 Sebesar Rp. 8.362, 13 (Juta);

Pada momen yang sangat baik ini, saya menghimbau dokumen RKPD yang kita susun nantinya, tidak hanya memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat saya yakin dan percaya.

Melalui forum musrenbang ini kita dapat menghasilkan sebuah keputusan yang benar- benar berorientasi pada kepentingan masyarakat. Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi dan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesien serta pertimbangan kemampuan keuangan daerah, tambahnya.

Semoga penyelenggaraan musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Padang Lawas tahun 2025 ini akan menghasilkan program-program kerja yang akan meningkatkan taraf hidup masyarakat kabupaten Padang Lawas khususnya.

“Ini adalah dasar perencanaan kita, karena tanpa adanya RKPD ini tidak akan bisa kita laksanakan, sehingga adanya tepat sasaran dan adanya kematangan,” tutupnya.

Turut hadir Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya alam Bapelitbang Sumatera Utara, Tarsudi SP, MSi, Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, MM, M.Si, Ketua PA Sibuhuan Bainar Ritonga, Sekda Arpan Nst, S.Sos, Kepala BPS Padang Lawas, Mewakili Polres Padang Lawas, mewakili Pabung Kodim 0212/TS, Para pejabat Teras Pemkab Padang Lawas, para undangan lainnya.(Bonardon)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics