banner 1028x90

Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi 2024, Polda Jateng Siap Amankan Arus Mudik 

SEMARANG, Berita Merdeka Online – Polda Jateng memastikan keamanan bagi masyarakat yang akan mudik di Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, setelah memimpin Apel Gabungan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Kodam IV Diponegoro pada Rabu, 3 April 2024.

Apel Gabungan Gelar Pasukan diikuti oleh ribuan personel dari Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, Polrestabes Semarang, Kodim Kota Semarang, Dishub, dan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah. Kapolda Jateng menjadi inspektur upacara, didampingi oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Sekda Provinsi Jateng Sumarno.

Kapolda Jateng menyebut bahwa apel gelar pasukan ini menandai kesiapan mereka dalam mengamankan arus mudik di Jawa Tengah. Pengamanan ini akan berlangsung dalam Operasi Ketupat Candi 2024 selama 14 hari, dari tanggal 3 hingga 16 April 2024.

“Ada 12.506 personel gabungan TNI Polri dan pihak terkait yang sudah ditempatkan di 142 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di seluruh Jawa Tengah,” ujar Kapolda.

Selain itu, sistem pengawalan akan diterapkan untuk memastikan keamanan pemudik di berbagai jalur, termasuk Jalur Pantura Brebes-Rembang dan jalur tengah, selatan, serta Daendels. Jalur Tol Trans Jawa juga menjadi fokus utama, dengan pemberlakuan One Way Nasional dari GT Cikatama hingga GT Kalikangkung pada tanggal 5 hingga 9 April 2024. Jika terjadi kepadatan di GT Kalikangkung, One Way Lokal akan diterapkan dari Kalikangkung hingga Bawen atau Tingkir.

Selain itu, untuk memastikan keamanan di destinasi wisata, pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan di 43 lokasi wisata. Dalam upaya ini, TNI, Polri, dan pihak terkait berkomitmen untuk menjaga keamanan masyarakat yang melakukan mudik di Jawa Tengah.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics