banner 1028x90

Musyawarah Desa Harapan Makmur: Langkah Awal Pembangunan Dana Desa Tahun 2024

Musyawarah Desa Harapan Makmur: Langkah Awal Pembangunan Dana Desa Tahun 2024

Bengkulu Tengah, Beritamerdekaonline.com – Desa Harapan Makmur, yang terletak di Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah, menggelar musyawarah desa pra-pelaksanaan dan menetapkan titik nol kegiatan fisik Dana Desa (DD) untuk tahun anggaran 2024. Salah satu proyek pembangunan yang diprioritaskan dalam musyawarah tersebut adalah Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), yang berlokasi di Dusun Satu.

Kepala Desa Harapan Makmur Tri Ekana Santoso mengatakan kepada jurnalis beritamerdekaonline.com, Pembangunan infrastruktur seperti TPT di Desa Harapan Makmur merupakan bagian dari upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas hidup dan pelayanan kepada masyarakat. Pembangunan ini diinisiasi sebagai tanggapan terhadap berbagai masalah seperti erosi tanah dan risiko longsor yang sering terjadi di daerah tersebut. Dengan membangun TPT, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif dari perubahan lingkungan dan memperkuat ketahanan lingkungan Desa Harapan Makmur.

“Langkah awal yang diambil dengan menetapkan titik nol kegiatan fisik Dana Desa menunjukkan komitmen pemerintah desa dalam memastikan penggunaan dana tersebut secara efektif dan efisien. Melalui musyawarah desa, masyarakat turut berperan aktif dalam menentukan prioritas pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi lokal.” Jelasnya

Musyawarah Desa Harapan Makmur: Langkah Awal Pembangunan Dana Desa Tahun 2024

Lanjutnya (Kepala Desa), Tanggal 2 April 2024, menjadi momentum penting dalam agenda pembangunan Desa Harapan Makmur. Dengan ditetapkannya titik nol kegiatan fisik Dana Desa, diharapkan proses pelaksanaan proyek pembangunan dapat segera dimulai dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Pembangunan TPT di Dusun Satu dipilih sebagai prioritas awal karena urgensi dan dampak positifnya yang dirasakan langsung oleh warga.

“Partisipasi aktif masyarakat dalam musyawarah desa juga menjadi kunci keberhasilan pembangunan di Desa Harapan Makmur. Melalui forum tersebut, berbagai aspirasi dan masukan dari masyarakat dapat diakomodasi dan menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Katanya

Lebih Lanjut, Pembangunan TPT di Desa Harapan Makmur juga menjadi contoh nyata dari implementasi Dana Desa sebagai instrumen pembangunan di tingkat lokal. Dana Desa merupakan sumber pendanaan yang penting dalam mendukung pembangunan infrastruktur di desa-desa, dengan memperhatikan prinsip-prinsip partisipatif, transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan.

“Keberhasilan pembangunan TPT ini juga akan memberikan dampak positif yang luas bagi Desa Harapan Makmur. Selain meningkatkan ketahanan lingkungan, pembangunan ini juga dapat membuka aksesibilitas dan memfasilitasi aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur seperti TPT tidak hanya berdampak pada sektor lingkungan, tetapi juga pada aspek sosial dan ekonomi masyarakat.” Terangnya

Sebagai desa yang berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan, Desa Harapan Makmur juga menempatkan pentingnya pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan dalam agenda pembangunan. Melalui pembangunan TPT, diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih stabil dan lestari bagi generasi mendatang.

“Dengan demikian, langkah awal yang diambil oleh Desa Harapan Makmur dalam menetapkan titik nol kegiatan fisik Dana Desa untuk pembangunan TPT merupakan langkah yang sangat strategis dan bermakna. Di tengah dinamika pembangunan di tingkat lokal, partisipasi aktif masyarakat dan penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi pembangunan Desa Harapan Makmur yang lebih baik di masa depan.” Tutupnya (Hasnul Ependi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics