Balon Wawako Ariyanto Jogkem Siap Majukan Atlet dan Olahraga Jogja

YOGYAKARTA, BERITA MERDEKA Online – Menyadari peran penting kebijakan pemerintah dalam kemajuan olahraga di sebuah kota, perlu diketahui strategi kebijakan olahraga (sport policy) seperti apa yang bisa membawa sebuah kota kepada kesuksesan. Balon Wawako Yogyakarta Ariyanto, diharapkan mampu memajukan olahraga di Kota Yogyakarta hingga di kancah Nasional dan Internasional.

“Kesuksesan di sini adalah kunci sesuatu yang bisa dianggap sebagai prestasi yang pada akhirnya membuat sebuah kota diakui oleh nasional bahkan internasional,” kata Balon Wakil Walikota Jogja, Dr. (CAN) Ariyanto, S.E., M.M., saat bertemu dengan pengurus Indonesia Bela Diri Campuran Amatir-Mixed Martial Art (IBCA-MMA) Daerah Istimewa Yogyakarta serta para wasit dan atlet di Restauran Sekar Wangi, Sabtu (18/5/2024) sore.

BACA JUGA : Soal Relokasi, Komunitas Pedagang Pasar Malioboro Minta Balon Wawako Jogja Ariyanto Jogkem Hal Ini | Berita Merdeka Online

Menurut Dirut Jogkem Group itu, ada banyak cara untuk menilai prestasi, antara lain dengan melihat perolehan medali di Olimpiade,PON,  atau juara dunia cabang olahraga tertentu. Menjadi tuan rumah acara olahraga besar, serta level ‘prestasi’ yang paling rendah, yaitu angka partisipasi yang aktif dan konsisten di acara olahraga tingkat nasional.

“Strategi dalam menyusun dan mengaplikasikan kebijakan olahraga di sebuah kota secara ideal dipegang oleh mereka yang menguasai ilmu manajemen terutama olahraga, karena orang-orang ini adalah mereka yang mampu menyampaikan olahraga kepada masyarakat luas. Itu kedepannya menjadi PR kita bersama.”

“Setiap kota yang menetapkan kebijakan olahraga akan memiliki standar masing-masing untuk memprioritaskan banyak kepentingan yang terlibat di sini, yaitu kepentingan bisnis, masyarakat, dan negara. Selain itu, tren dalam berolahraga juga sangat berpengaruh kepada kebijakan olahraga. Paling gampang kita menyebut sepakbola. Kenapa sepakbola sangat populer di Indonesia? Apakah prestasi Indonesia di bidang sepakbola yang membuat sepakbola menjadi populer? Satu hal positif yang bisa saya dapatkan dari sini adalah bahwa olahraga, terutama sepakbola, memang sudah menjadi bahasa universal di dunia,” bebernya.

Mewakili pengurus IBCA-MMA DIY, Nugroho Hendra Saputra dan Himawan berharap agar IBCA-MMA DIY bisa masuk menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia DIY, untuk menjadi penyokong organisasi.

“Saya berharap supaya IBCA-MMA DIY tahun ini sudah masuk menjadi anggota KONI, karena banyak atlet yang harus kita fasilitasi dari organisasi IBCA-MMA dan KONI untuk legalitas atlet berprestasi , supaya olahraga yang diwakili IBCA-MMA menjadi harapan DIY dan Indonesia menuju international,” kata Ketua IBCA-MMA DIY, Hendra Saputra.

Hendra berharap, saat Ariyanto kelak menjadi Balon Wawako Jogja bisa lebih memperhatikan olahraga dan memajukannya, hingga nama kota Jogja harum di nasional dan internasional.

“Kami mengharapkan bapak Ariyanto sebagai bakal calon wakil walikota Jogja, mengawal dan membantu organisasi olahraga yang ada di DIY, untuk lebih maju olahraganya serta organisasi yang menaunginya,” pungkas Hendra.

Hadir pada pertemuan tersebut, Pengurus IBCA-MMA DIY, dan Kota Yogyakarta serta wasit dan atlet. Sedangkan Ariyanto didampingi Tim Aksi Politik, Ari Kusharyono. (TIM)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *